Airlangga-Ganjar Dinilai Punya Nilai Jual Tinggi di Pilpres 2024

Airlangga Hartarto bersama Ganjar Pranowo di Klaten, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA - Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah menilai Airlangga Hartarto dan Ganjar Pranowo cocok berpasangan di Pemilihan Presiden 2024. Airlangga sebagai sosok pemimpin di pemerintahan maupun di partai dinilai akan memiliki nilai jual yang tinggi jika bersanding dengan Ganjar.

Serahkan Kesimpulan Hari Ini, Yusril Yakin MK Tolak Gugatan Kubu Anies dan Ganjar

“Airlangga kalau bisa berpasangan dengan Ganjar, nilai jualnya tinggi. Apakah nomor 1 atau 2, kalau berpasangan dengan Ganjar, meskipun PDIP sekarang masih gejolak,” kata Trubus saat dihubungi wartawan, Kamis, 19 Oktober 2021.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno
KPU: Putusan MK atas Sengketa Pemilu 2024 Bersifat Erga Omnes

Kemungkinan Terbuka

Trubus menjelaskan kemungkinan dua tokoh ini bersanding di Pilpres 2024 sangat terbuka. Terlebih, menurutnya, Golkar dan PDIP selama ini memiliki hubungan baik di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

“Hubungan Golkar PDIP selama ini berjalan baik. Misalnya saja Pak Luhut dengan Pak Jokowi, bagaimana mereka berhasil menangani COVID-19,” lanjutnya.

Baca juga: Ketum Kosgoro: Tak Perlu Konvensi, Airlangga Capres Golkar 2024

Selain itu, tidak pernah ada konflik di antara para tokoh tersebut. Oleh karena itu, dia menyarankan Golkar ataupun Airlangga untuk bekerjasama dengan PDIP dan Ganjar di pilpres mendatang.

"Lakukan pendekatan-pendekatan, kalau bisa berpasangan dengan Ganjar, itu memberikan angin segar," kata dia lagi.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Berhasil Pimpin Golkar

Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti ini juga menilai Airlangga terbukti berhasil dalam memimpin Partai Golkar. Airlangga disebut bisa menjaga tradisi Golkar yakni mendapat kepercayaan dari publik dan pemerintah.

Menurutnya, dengan duduknya beberapa tokoh Golkar seperti Airlangga dan Luhut Binsar Pandjaitan dalam posisi strategis serta bisa merangkul semua pihak telah membuktikan kepercayaan publik terhadap Golkar tinggi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menko Airlangga Hartarto di Klaten

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

“Airlangga relatif baik dalam hal, dulu terbelah, ada kubunya Bamsoet, mampu merangkul, menjaga hubungan baik dengan pemerintah, mendapat kepercayaan tinggi dari penguasa. Hubungan dengan pemerintah di tingkat daerah baik, jarang terjadi intrik-intrik yang merugikan partai,” ujarnya.

“Pandemi COVID-19, Pak Luhut dan Airlangga sudah bekerja baik dalam menerapkan PPKM Jawa-Bali, menjalankan kinerja yang bagus, publik trust tinggi,” tambahnya.

Dengan keberhasilan tersebut, Airlangga dianggap layak menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. “Sebagai seorang sosok leader, 2024 bisa bergandengan dengan tokoh yang punya popularitas tinggi, minimal bisa RI 2,” tutur Trubus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya