Pengamat Politik LIPI: Airlangga Mampu Buat Golkar Utuh dan Stabil

Ketum Partai Golkar sekaligus Menko bidang Perekonomian AIrlangga Hartarto
Ketum Partai Golkar sekaligus Menko bidang Perekonomian AIrlangga Hartarto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA - Pengamat politik LIPI, Wasisto Raharjo Jati, menilai Partai Golkar di usianya yang telah mencapai 57 tahun telah menjadi partai yang modern dan independen. Wasis juga memuji kepemimpinan Airlangga Hartarto yang mampu menjaga harmonisasi partai pasca gonjang-ganjing ketua umum terdahulu.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat berada di Kalsel.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat berada di Kalsel.

Photo :
  • Istimewa.

"Harus diakui Airlangga mampu membuat Golkar tetap utuh dan stabil sebagai institusi pasca kasus yang menimpa Setya Novanto yang saat itu menjadi ketua umum," kata Wasis saat dihubungi wartawan, Rabu, 20 Oktober 2021.

Tingkatkan Komunikasi

Meski demikian, Wasis menyarankan Airlangga terus meningkatkan komunikasi politiknya agar lebih membumi di akar rumput Menurut Wasis, transformasi Golkar dari "golongan" menjadi sebuah "partai", telah menandai adanya Golkar sebagai partai modern yang independen, dan terlepas dari bayang-bayang pemerintah Orde Baru.

Wasis memuji Akbar Tandjung yang saat itu mampu membawa Golkar untuk melakukan transformasi dari "golongan" menjadi sebuah "partai modern" di tahun 1999. Sehingga mampu menjadi pemenang kedua pileg 1999 dan pemenang utama di Pileg 2004.

Baca juga: PPP: Airlangga-Suharso Penuhi Konfigurasi Jawa-Luar Jawa