PDIP Gelar Webinar Desa Bareng Kepala Daerah, Ganjar Pranowo Hadir

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menegaskan bahwa desa sebagai destinasi wisata yang memiliki potensi luar biasa. Desa berbasis wisata disebut dapat menggerakan ekonomi masyarakat. 

Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih, Ganjar: Tidak Dapat Undangan

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani dalam Webinar Penganggaran Desa Wisata Perancangan Kebijakan Penganggaran Desa Wisata di kantor DPP PDIP, hari ini. 

Turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ganjar Pranowo dalam acara webinar. 

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

"Saya mempercayai selain mengasah potensi yang dimiliki sebuah desa wisata, pembangunan, dan pengembangan menuju desa wisata yang maju dan mandiri membutuhkan anggaran," kata Wiryanti, Kamis 21 Oktober 2021. 

Menurut Wiryanti, pertemuan secara daring ini lewat webinar untuk memberikan wawasan sekaligus tukar pikiran antarkader yang duduk sebagai kepala daerah dan legislatif. Apalagi pertemuan juga menghadirkan pemangku kepentingan lainnya dari pemerintah.

Oso Beberkan Strategi Partai Hanura Hadapi Pilkada 2024

Wiryanti pun memberi gambaran,  sebanyak 74 ribu desa di Indonesia, dan sekitar 7.400 diantaranya adalah desa wisata. 

"Tak ada desa yang identik. Setiap desa memiliki potensi yang menjadi daya tariknya masing-masing. Maka pengetahuan tentang pengelolaan anggaran pengembangannya menjadi kunci penting untuk pengembangan desa wisata yang mandiri, tangguh dan berdaya saing," katanya. 

"Bung Karno pernah mengingatkan kita bahwa desa merupakan salah satu benteng pertahanan negara. Oleh karena itu memanfaatkan dan mengembangkan potensi desa wisata adalah juga salah satu kunci penting untuk membangun pondasi kekuatan negara dari desa," sambung Wiryanti. 

PDIP berpandangan kebijakan dan program pembangunan harus lah menitikberatkan pada pemberdayaan desa.

"Oleh karena itu DPP PDIP mengharapkan agar para kepala daerah pada masa jabatan yang diembannya harus mampu menciptakan minimal satu desa wisata untuk mandiri di wilayahnya," tutur Wiryanti.

Dalam acara itu pun, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ikut pelaksanaan webinar dari kediamannya. Secara virtual, para kepala daerah dan wakil kepala daerah yang hadir selain Ganjar ialah Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, dan Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi. 

Sedangkan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati ikut menjadi peserta dan berbagi pengalaman di wilayahnya. Termasuk hadir Wasekjen PDIP Sadarestuwati, para anggota DPR RI Komisi V dan X DPR RI, anggota DPRD dan pengurus partai dari seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya