Sudah 7 Tahun Pimpin RI, Jokowi Ikhtiarkan Visi Indonesia Sentris

Presiden Jokowi Jajal Jembatan Sei Alalak Banjarmasin Gunakan Mobil Rantis
Presiden Jokowi Jajal Jembatan Sei Alalak Banjarmasin Gunakan Mobil Rantis
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi sampai di periode kedua ini sudah tujuh tahun memimpin pemerintahan RI. Eks Gubernur DKI Jakarta itu dinilai sebagai sosok yang berupaya mewujudkan visi Indonesia sentris.

Koordinator Nasional Koalisi Bersama Rakyat (Kobar), Alan Singkali menyampaikan pihaknya bertanggungjawab atas maraknya spanduk dukungan dengan tagline #KobarkanJokowi, #JokowiFokusKerja, #JanganGangguJokowi yang bertebaran di sejumlah daerah di Tanah Air.

Salah satu contoh tulisan itu seperti antara lain 'Aku Fokus Tuntaskan Skripsi, Pak Jokowi Fokus Tuntaskan Pembangunan Indonesia'. Menurut dia, pemasangan spanduk tersebut sebagai ekspresi dukungan terhadap Jokowi. 

"Pemasangan spanduk-spanduk tersebut adalah ekspresi dari para anggota kami terhadap visi pembangunan Jokowi yang pro kepada Indonesia Sentris," kata Alan, dalam keterangannya, Kamis, 21 Oktober 2021.

Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Pandjaitan tinjau progres kereta cepat
Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Pandjaitan tinjau progres kereta cepat

Menurut dia, Jokowi dalam membangun infrastruktur bukan hanya di Jawa dan Sumatera, tapi juga di daerah tertinggal. Ia menyebut acuan itu seperti pembangunan sarana penunjang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. "Seperti yang kita lihat pada sukses dan megahnya perhelatan PON XX Papua lalu," ujar Alan.

Bagi dia, cara Jokowi memadukan pembangunan manusia dan pembangunan infrastruktur. Ia menekankan Jokowi berupaya menipiskan kesenjangan antar strata, wilayah di Indonesia. Misalnya saja gagasan revolusi mental dan program tol laut, serta pembangunan jalan penghubung lintas Papua.