Sudah 7 Tahun Pimpin RI, Jokowi Ikhtiarkan Visi Indonesia Sentris

Presiden Jokowi Jajal Jembatan Sei Alalak Banjarmasin Gunakan Mobil Rantis
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi sampai di periode kedua ini sudah tujuh tahun memimpin pemerintahan RI. Eks Gubernur DKI Jakarta itu dinilai sebagai sosok yang berupaya mewujudkan visi Indonesia sentris.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Koordinator Nasional Koalisi Bersama Rakyat (Kobar), Alan Singkali menyampaikan pihaknya bertanggungjawab atas maraknya spanduk dukungan dengan tagline #KobarkanJokowi, #JokowiFokusKerja, #JanganGangguJokowi yang bertebaran di sejumlah daerah di Tanah Air.

Salah satu contoh tulisan itu seperti antara lain 'Aku Fokus Tuntaskan Skripsi, Pak Jokowi Fokus Tuntaskan Pembangunan Indonesia'. Menurut dia, pemasangan spanduk tersebut sebagai ekspresi dukungan terhadap Jokowi. 

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

"Pemasangan spanduk-spanduk tersebut adalah ekspresi dari para anggota kami terhadap visi pembangunan Jokowi yang pro kepada Indonesia Sentris," kata Alan, dalam keterangannya, Kamis, 21 Oktober 2021.

Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Pandjaitan tinjau progres kereta cepat

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden
Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Menurut dia, Jokowi dalam membangun infrastruktur bukan hanya di Jawa dan Sumatera, tapi juga di daerah tertinggal. Ia menyebut acuan itu seperti pembangunan sarana penunjang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. "Seperti yang kita lihat pada sukses dan megahnya perhelatan PON XX Papua lalu," ujar Alan.

Bagi dia, cara Jokowi memadukan pembangunan manusia dan pembangunan infrastruktur. Ia menekankan Jokowi berupaya menipiskan kesenjangan antar strata, wilayah di Indonesia. Misalnya saja gagasan revolusi mental dan program tol laut, serta pembangunan jalan penghubung lintas Papua.

"Perhatian khusus Presiden terhadap pemberantasan radikalisme dan ujaran kebencian, telah menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi segenap warga Indonesia, khususnya kelompok-kelompok yang selama ini masih termarjinalkan," jelasnya.

Bagi Alan, Jokowi selama menjabat Presiden RI sudah melakukan lompatan jauh. Pun, ia mengimbau agar masyarakat bisa mendukung setiap langkah Jokowi yang tinggal tiga tahun lagi menjabat Presiden RI. 

Ia berharap masyarakat tidak terpengaruh terhadap provokasi dan ujaran kebencian yang dilakukan oknum-oknum tertentu.

"Jangan ganggu beliau dengan berbagai macam isu hoax ataupun yang tidak produktif. Masih tersisa tiga tahun untuk menuntaskan pembangunan yang sempat tersendat karena penanggulangan pandemi COVID-19," kata Alan.

Untuk diketahui, Jokowi-Ma'ruf Amin memiliki janji kampanye mewujudkan Indonesia Sentris dalam 5 tahun kepemimpinannya. Makna Indonesia Sentris sebagai pembangunan yang merata di berbagai bidang di seluruh wilayah di Tanah Air. Dengan demikian, pembangunan bukan hanya berpusat di Pulau Jawa. Tapi, era Jokowi pembangunan mau digeber di seluruh wilayah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya