PDIP Keluarkan Instruksi Lestarikan Lingkungan dan Pohon Langka

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa/Eduward Ambarita

VIVA – PDI Perjuangan mengeluarkan instruksi terbaru kepada seluruh kadernya. Baik itu yang duduk di legislatif, kepala daerah, struktural organisasi partai dan hingga kader di seluruh Indonesia. 

Bea Cukai Terbitkan Izin Kawasan Berikat untuk Dyeing Manufaktur

Yakni terkait dengan lingkungan. Agar mengeluarkan kebijakan dalam menjaga, melindungi dan melestarikan lingkungan terutama keberadaan pohon-pohon tua dan langka yang hampir ditemukan di seluruh wilayah Tanah Air.

"Namun, sebagian besar manfaat tersebut belum tergantikan sehingga pohon menjadi sumber daya sangat penting bagi kehidupan manusia," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat menyampaikan instruksi secara daring, Jumat 22 Oktober 2021.

Cegah Kekerasan di Ponpes, Kemenag Bakal Libatkan Ormas dalam Melakukan Pengawasan

Kepedulian terhadap lingkungan bisa dilakukan dengan banyak cara. Pihaknya mengaku, sudah melakukan langkah pelestarian seperti program cinta Ciliwung Bersih. Dengan melakukan aksi bersih-bersih dan penanaman pohon di pinggir sungai tersebut.

Terancam Punah

Jangan Asal Pilih Teman, Begini Kata Ustadz Hanan Attaki

Merujuk data lnternational Union For Conservation of Nature (IUCN), sebanyak 487 spesies pohon Indonesia terancam punah. Ada 55 spesies diantaranya merupakan pohon berukuran besar. Itu terjadi akibat dari alih fungsi kawasan yang menyebabkan hilangnya habitat alami pohon langka. Belum lagi aksi perambahan, eksploitasi sumber daya secara berlebihan hingga penebangan.

"Bila tidak segera dilakukan tindakan pencegahan kepunahan dan upaya konservasi, maka akan banyak pohon terancam punah dalam waktu dekat," jelasnya.

Hasto juga mengatakan, kebakaran lahan juga berakibat rusaknya habitat dan penurunan populasi, hingga perubahan iklim global. Dia mengklaim selama ini partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memang aktif melestarikan lingkungan. Dengan begitu, maka partai mengeluarkan instruksi yang harus dilaksanakan DPD dan DPC PDI Perjuangan seluruh Indonesia. Juga oleh para anggota DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota dan kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah semua level.

"Ketua Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup PDI Perjuangan, Pak I Made Urip akan memantau langsung dan memberikan laporan kepada Partai terhadap pelaksanaan instruksi ini. Sekali lagi, partai ingin mewujudkan politik hijau," jelas Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya