2 Tahun Jokowi-Maruf, PB HMI Dorong Reshuffle Kabinet

HMI Demo di Pengadilan Tipikor. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam mendorong Presiden Jokowi untuk melakukan reshuffle kabinet. Alasannya, Jokowi sendiri selalu mengeluhkan kinerja beberapa menteri yang tidak dapat sejalan dengan program pemerintah.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

"Reshuffle adalah momentum bagi Jokowi-Amin untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, sekaligus menjadi pintu masuk untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait kinerja menteri-menteri di kabinet dengan alat ukur sederhana yakni melihat capaian-capaian para menteri selama 2 tahun ini," kata Pj Ketua Umum PB HMI, Romadhon JASN, melalui siaran persnya, Jumat, 22 Oktober 2021.

Jokowi dan Menteri di Kabinet Indonesia Maju

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Kebebasan Sipil

Selain itu, di momen 2 tahun pemerintahan Jokowi-Maruf Amin, Romadhon juga mengkritisi buruknya kebebasan sipil dalam berekspresi yang sangat dirasakan oleh segenap rakyat Indonesia.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Data empiris menunjukkan fakta dan bukti bahwa sangat minim atau hampir tidak ada ruang bagi pihak yang berbeda pandangan dengan pemerintah," katanya lagi.

Baca juga: Isu Reshuffle Mencuat, Ini Saran Eksponen Alumni HMI Pro Jokowi

Dia mengatakan tidak sedikit rekan-rekan aktivis, mahasiswa dan masyarakat yang menghadapi konsekuensi yang cukup serius, mulai doxing, serbuan fitnah, hoax, peretasan akun.

"Hal-hal semacam ini dapat menambah catatan buruk bagi perjalanan demokrasi di Indonesia," ujarnya.

Ilustrasi Mahasiswa dari sejumlah kampus di Jabodetabek demonstrasi di depan Gedung DPR, 23 September 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Gemuknya Koalisi

Romadhon menambahkan gemuknya koalisi pemerintahan di parlemen dengan jumlah 82 persen memunculkan absolutisme power yang akan berakibat buruk pada masa depan demokrasi Indonesia.

Penanganan COVID-19 Berhasil

Meskipun demikian, dia mengapresiasi keberhasilan penanganan COVID-19 yang tepat, cepat, cermat, terukur dan efisien oleh Jokowi-Ma’ruf Amin sehingga Indonesia tercatat dalam sejarah dunia sebagai salah satu negara yang terbilang sukses dalam menangani Pandemi COVID-19 yang menjadi permasalahan besar global.

"Hal ini dapat dilihat dari menurunnya angka infeksi dan kematian akibat COVID-19, baik pada gelombang pertama dan kedua," kata dia.

Lebih lanjut, Romadhon menyarankan agar pemerintah tetap waspada dan melakukan langkah-langkah yang terukur untuk menghadapi gelombang ke-3 pandemi COVID-19 yang diperkirakan terjadi di bulan Desember ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya