Golkar Berpeluang Koalisi dengan Nasdem Hadapi PDIP dan Gerindra

Ilustrasi Partai Golkar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA - Partai Golkar yang mendorong Airlangga Hartarto berpeluang berkoalisi dengan Partai Nasdem dalam Pilpres 2024. Koalisi partai ini besar kemungkinan akan berhadapan dengan koalisi partai yang dipimpin Gerindra dan PDIP.

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

"Nasdem menjadi lebih mungkin koalisi dengan Golkar. Misalnya Nasdem mendorong orang seperti Ridwan Kamil berpasangan dengan Airlangga, walaupun karakternya sama-sama teknokrat," kata pengamat politik dari SMRC, Saidiman Ahmad, saat dihubungi, Minggu, 24 Oktober 2021.

Ketum Nasdem Surya Paloh bertemu dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir
Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Tradisi Calonkan Kader

Saidiman mengatakan Golkar memiliki tradisi mencalonkan kadernya sebagai presiden dan wakil presiden sejak 2004. Satu-satunya pilpres yang tidak melibatkan kader Golkar adalah Pilpres 2019.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Ia menduga pada pemilu nanti Golkar akan kembali memasukkan kadernya sebagai calon presiden, atau calon wakil presiden.

Massa pendukung Partai Golkar saat kampanye beberapa waktu lalu.

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

"Saya kira paling potensial ketua umum sendiri pak Airlangga Hartarto. Tantangannya dari sisi penerimaan publik, tetapi ada temuan mulai ada perkembangan," katanya lagi.

Kekuatan Utama Airlangga

Saidiman juga menilai kekuatan utama Airlangga yakni Menko Perekonomian itu relatif diterima oleh elite. Airlangga  tidak memiliki konflik dengan siapapun dan bisa berkomunikasi dengan siapa saja. Itu terjadi karena Airlangga muncul sebagai politisi tetapi juga seorang teknokrat.

"Tidak terlalu banyak bicara tetapi bekerja dan menurut saya itu disukai oleh para elite. Terbukti di Golkar itu selama dia memimpin tidak ada goncangan yang berarti," ujarnya.

Ketum Partai Golkar sekaligus Menko bidang Perekonomian AIrlangga Hartarto

Photo :
  • Istimewa

Koalisi Eks Golkar

Saidiman mengatakan Partai Golkar juga dimungkinkan membangun koalisi dengan partai-partai lainnya yang eks-Golkar. Meski tidak bisa dipungkiri masih ada peluang berkoalisi dengan PDIP.

Namun, itu kembali kepada PDIP dan Gerindra yang selama ini berpeluang mengusung pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani.

"Koalisi PDIP dan Gerindra justru ada peluang tetapi tidak besar. Karena kalau berkoalisi dengan Gerindra, pertanyaannya siapa yang akan dicalonkan sebagai presiden? Apakah Prabowo? Apakah PDIP sebagai partai terbesar mau menerima partai lain menjadi calon presiden?" lanjutnya.

PDIP-NU

Saidiman menilai PDIP memiliki tradisi selalu mencalonkan kadernya menjadi presiden dan wakilnya dari NU. Karena itu, ia menduga PDIP lebih berpeluang berkoalisi dengan PKB daripada dengan Partai Gerindra.

sorot kampanye pdip - PDIP dalam sebuah momen kampanye pada Pemilu 2014.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Saidiman mengakui ketiga partai besar yakni Partai PDIP, Partai Gerindra dan Partai Golkar menjadi yang terdepan dalam pencalonan presiden dan wakil presiden Pilpres 2024. Namun, ia menegaskan keputusan partai mendukung capres mungkin juga akan berpengaruh pada pilihan politik para kader.

"Di dalam survei kita, kalau suatu partai memutuskan calon yg tidak dikehendaki oleh pemilih partai itu, boleh jadi si pemilih partai ini pindah. Jadi loyalitas pemilih terhadap partai itu kan rendah," katanya.

Target 20 Persen

Saidiman juga mengomentari pernyataan Airlangga Hartarto yang menargetkan 20 persen target suara Golkar di Pileg 2024. Pernyataan itu dinilai ambisius meski bukan hal yang mustahil untuk diraih partai tersebut.

"Alasan utamanya kita lihat Golkar relatif solid. kemudian terdepan mengawal program pembangunan pak Jokowi, termasuk pemulihan ekonomi nasional, dan penanggulangan covid-19 dimana pak Airlangga sendiri jadi ketuanya," katanya.

Kampanye Golkar/Ilustrasi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Sejumlah program di atas menjadi perhatian publik dan alat ukur tingkat kepuasan terhadap kebijakan pemerintah. Golkar dinilai juga memiliki peranan besar dalam pembuatan UU Cipta Kerja.

Keputusan Golkar untuk terdepan dalam kebijakan pemerintah menuai hal positif. Saat partai-partai pendukung utama pemerintah, seperti PDIP dan Gerindra mengalami penurunan, Golkar menjadi satu-satunya yang mengalami kenaikan elektabilitas dalam satu tahun terakhir.

"Kita tahu Partai Golkar itu terdiri dari politisi-politisi lama yang sangat piawai, sangat bagus gerakannya. Jadi itu saya melihat kalau itu konsisten pertama tetap solid sampai akhir, lalu kemudian dia tetap terdepan mengawal program-program Jokowi yng populer dan diapresiasi oleh publik, maka target 20 persen itu bisa didekati," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya