Menantu Soekarwo Daftar Calon Ketua Demokrat Jatim

Menantu Soekarwo calon Ketua Demokrat Jatim, Bayu Airlangga
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat belum membuka pendaftaran Musyawarah Daerah (Musda) DPD Demokrat Jawa Timur. Namun demikian, berkas dukungan atas menantu Soekarwo yang akrab disapa Pakde Karwo, yakni Bayu Airlangga, untuk mencalonkan diri sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim sudah diserahkan.

Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei

Karena pendaftaran musda belum dibuka maka verifikasi berkas dukungan Bayu belum bisa diproses. “Karena secara resmi jadwal pendaftaran calon dibuka setelah ditetapkannya jadwal Musda. Kami kemarin sebatas menerima berkas pendaftaran yang diserahkan," kata Sekretaris BPOKK DPP PD, Rocky Amu, Minggu, 24 Oktober 2021.

Rocky menegaskan, dalam aturan organisasi, verifikasi berkas baru bisa dilaksanakan sehari sebelum Musda digelar. Setelah itu, DPP akan menetapkan bakal calon ketua DPD yang nantinya akan bertarung merebut kursi ketua DPD Demokrat, dalam hal ini di Jawa Timur.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

"Jadi belum ada keputusan keabsahan dukungan karena harus melewati proses verifikasi, yang akan dilaksanakan H minus satu sebelum Musda, untuk kemudian ditetapkan surat penetapan bakal calon dari DPOKK," ujarnya.

Bendera Partai Demokrat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

Meski belum membuka pendaftaran, Rocky memastikan bahwa DPP tetap menerima berkas dukungan tersebut. "Jadi sebenarnya pendaftaran belum dibuka karena jadwal Musda. Tetapi jika ada yang menyerahkan berkas, kami terima," ujar Rocky.

Terkait pelaksanaan Musda, menurut Rocky, usulan itu harus disampaikan oleh pimpinan DPD yang ditandatangani oleh ketua dan sekretaris.  Setelah usulan resmi diberikan, DPP akan memproses dan menetapkan jadwal Musda.

"Kemarin ada aspirasi berkaitan permohonan jadwal dan sudah kami teruskan ke pimpinan dan sedang digodok. Proses permohonan Musda diawali DPD dan DPP menindaklanjuti apakah bisa dilaksanakan atau tidak," ujarnya.


 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya