Kritik Yaqut, Rocky Gerung: Baru Seumur Jagung, Potensi Di-reshuffle

Rocky Gerung
Rocky Gerung
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Aktivis sekaligus pengamat politik Rocky Gerung, turut menyoroti pernyataan kontroversial Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menyebut Kementerian Agama hadiah negara untuk Nahdlatul Ulama (NU). Rocky menilai pernyataan Yaqut konyol yang tidak perlu diucapkan.

Dia menyampaikan dengan pernyataannya yang kontroversi itu terkesan ada keinginan Yaqut membanggakan diri. Rocky menyayangkan hal itu karena akan membuat elemen bangsa lain seperti merasa terabaikan.

"Bukan dengan klaim lalu membuat kalangan non NU juga merasa kok itu eksklusif banget. Jadi, mau dianggap Kementerian NU aja kalau gitu kan. Apalagi di kalangan NU banyak yang memang mengerti atau bijak untuk memahami fasilitas itu," kata Rocky dalam akun YouTube-nya seperti dikutip pada Senin, 25 Oktober 2021.

Rocky menyindir tanpa perlu diucapkan sebenarnya anggapan Kemenag untuK NU memang ada benarnya. "Tetapi jangan diucapkan. Itu konyolnya kan, atau memang kenapa harus diucapkan hal yang dianggap sebagai nanti jadi isu politik," ujar Rocky.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam acara tahlil nasional.
Photo :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam acara tahlil nasional.

Rocky bilang Yaqut baru seumur jagung menjabat Menteri Agama. Maka itu, tak bijak bila Yaqut melontarkan pernyataan yang kontroversial seperti sekarang ini. 

Bahkan, ia memprediksi akibat pernyataannya yang tidak bijak itu, Gus Yaqut berpotensi dicopot atau terkena reshuffle oleh Jokowi.