AHY: Almarhum Sudi Silalahi Senior yang Baik dan Mengayomi

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut menyampaikan ungkapan bela sungkawa atas meninggalnya Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia periode 2009-2014, Sudi Silalahi. Sudi Silalahi meninggal dunia pada Senin 25 Oktober 2021 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat. 

Demokrat Sebut AHY Kader Terbaik, Sinyal Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo-Gibran?

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi, Menseskab (2004-2009) dan Mensesneg RI (2009-2014) karena sakit," kata AHY dalam keterangannya, Selasa 26 Oktober 2021.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi

Photo :
  • Antara/ Noveradika
SBY Absen di Acara Open House Jokowi, AHY Ungkap Alasannya

AHY mengaku cukup mengenal Sudi Silalahi. Bagi dia, Sudi merupakan sosok senior yang baik dan juga seorang yang sangat mengayomi.

"Saya mengenal beliau sebagai senior yang baik dan mengayomi. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan keluarganya diberi kekuatan," ujar AHY.

Prabowo Minta Demokrat Siapkan Kader Masuk Kabinet, AHY: Ini yang Kami Tunggu 9 Tahun

Rencananya, AHY akan datang langsung pada prosesi pemakaman Sudi di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata Jakarta. Selain AHY, ayahnya yang juga Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga diagendakan akan hadir dalam acara penghormatan terakhir kepada Sudi Silalahi.

Seperti diketahui, Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri) tahun 1972. Almarhum merupakan senior SBY di TNI.

Saat SBY menjadi Presiden RI ke-6, Sudi dianggap sebagai salah seorang kepercayaannya.

Sudi mengawali karier di pemerintahan dengan menjadi sekretaris SBY di pemerintahan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Saat itu, SBY menjabat Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Sebelumnya, Sudi juga pernah menjabat Wakil Assospol Kasospol ABRI tahun 1996-1997. Lalu, menjadi Kepala Staf Kodam Jaya pada tahun 1998.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya