Langkah Airlangga Dekati UMKM Dinilai Berdampak Positif

Ketum Partai Golkar sekaligus Menko bidang Perekonomian AIrlangga Hartarto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mendekati para pedagang Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) baik di Jakarta, atau pun kota-kota lain di tanah air. Tak heran bila spanduk bergambar Menteri Koordinator Perekonomian itu terpasang di warung-warung pinggir jalan.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Spanduk bergambar Airlangga Hartarto muncul di warung sekitar Tangerang.

Photo :
  • Istimewa.

UMKM Hidupkan Ekonomi

Terima Parpol Lain Gabung Koalisi Prabowo, Demokrat Tak Pusingkan soal Jatah Menteri

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, menuturkan untuk mengukur berhasil tidaknya strategi mendekati UMKM, tentu harus ada alat ukurnya yang detail. Tak bisa hanya dengan berspekulasi.

"Tapi secara umum tim Airlangga tak melulu main di serangan udara melalui baliho tapi melalui jalur darat dengan dekati UMKM, sektor ril yang bisa hidupkan ekonomi," kata Adi saat dihubungi wartawan, Selasa, 26 Oktober 2021.

Gibran Rakabuming Ikuti Arahan Prabowo Subianto Soal Pembatalan Aksi Damai di Gedung MK

Baca juga: Airlangga: Golkar Bukan Partai Agama tapi Sangat Perhatikan Islam

Tidak Banyak

Adi menilai secara rasional langkah tersebut berdampak positif. Problemnya, kata dia, jumlah UMKM tak terlampau banyak utk kebutuhan pembangun citra.

"Segmentasinya terbatas. Tapi sebagai sebuah langkah awal ini layak dicoba dan perlu memperluas ke sektor lain misalnya ke basis nelayan, petani, buruh, dan lain-lain," ujarnya.

Menko Airlangga sambangi pelaku UMKM di Solo.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

Adi melanjutkan Airlangga masih punya cukup waktu untuk menaikkan citra, popularitas, atau elektabilitasnya dalam rangka kontestasi Pilpres 2024. Kontestasi tingkat nasional itu masih sekitar tiga tahun lagi.

"Masih. Catatannya harus ngebut kerja politik. Memaksimalkan semua sumber daya yang melekat pada Airlangga saat ini. Baik sebagai Menko dan Ketum Golkar," tutur Adi yang juga Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, itu.

Sebelumnya, spanduk bergambar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto muncul di warung-warung sekitar Tangerang. Ternyata, itu adalah salah satu program dari Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) usAHA, sebuah kelompok pemberdayaan masyarakat yang dibina Airlangga dan fokus kegiatannya pada pelatihan UMKM.

Koordinator UMKM usAHA Kota Tangerang, Hellen Noya, membenarkan status Airlangga sebagai pembina di UMKM usAHA. Dia pun menjelaskan alasan gambar Airlangga ada di spanduk-spanduk tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya