Bina UMKM, Strategi Airlangga Dinilai Bagus

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto melihat produk UMKM warga di Kampung Tangguh COVID-19 Kelurahan Talise Valangguni, Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada salah satu agenda kunjungan kerjanya, di Palu, Jumat, 27 Agustus 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Moh Ridwan

VIVA - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin, memuji strategi komunikasi politik Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto jelang Pilpres 2024. Airlangga diketahui membina UMKM di sejumlah daerah.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

"Ini strategi yang bagus dari Airlangga," kata Ujang saat dihubungi wartawan, Rabu, 27 Oktober 2021.

Menko Airlangga sambangi pelaku UMKM di Solo.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.
TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Menurut Ujang, sebagai calon presiden dari Golkar, Airlangga akan menggunakan segala macam jurus agar bisa menaikkan elektabilitasnya. Termasuk memasang spanduk di warung-warung dan pelaku UMKM.

"Soal nantinya efektif atau tidak, perlu survei ke masyarakat. Yang penting usaha dulu," kata Ujang.

MK Kirim Surat ke Pihak Anies dan Ganjar untuk Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

Baca juga: Akses Program Pemerintah, UMKM di Solo Minta Bimbingan Airlangga

Sebelumnya, spanduk bergambar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto muncul di warung-warung sekitar Tangerang. Ternyata, itu adalah salah satu program dari Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) usAHA, sebuah kelompok pemberdayaan masyarakat yang dibina Airlangga dan fokus kegiatannya pada pelatihan UMKM.

Spanduk bergambar Airlangga Hartarto muncul di warung sekitar Tangerang.

Photo :
  • Istimewa.

Koordinator UMKM usAHA Kota Tangerang, Hellen Noya, membenarkan status Airlangga sebagai pembina di UMKM usAHA. Hellen menuturkan pemasangan spanduk-spanduk itu merupakan inisiatif mereka.

Alasannya karena tokoh yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu memiliki kepedulian terhadap masyarakat, salah satunya dengan membina UMKM yang bisa mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia.

Perempuan berusia 21 tahun ini mengatakan UMKM usAHA ini bukanlah program pemerintah atau bagian dari kegiatan kampanye partai. Menurutnya, UMKM usAHA adalah kelompok atau komunitas yang dibentuk untuk pemberdayaan UMKM.

Helen mengatakan saat ini ada 520 UMKM yang telah mengikuti pelatihan dan bergabung dalam komunitas UMKM usAHA di Kota Tangerang. Sementara untuk wilayah Banten totalnya ada 1506 UMKM, yang tersebar di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Selain melakukan pelatihan wirausaha dan membentuk komunitas, UMKM usAHA juga telah merencanakan beberapa program lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya