Megawati Diberitahu Mantan Wapres AS, Indonesia Rapuh Bencana

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • Repro youtube PDI Perjuangan.

VIVA – Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri, menyatakan ancaman bencana alam di Indonesia sudah sangat tinggi, bahkan disebutnya dalam kondisi SOS atau bahaya. 

Maka dia mengingatkan para kepala daerah di Indonesia, untuk tidak abai terhadap ancaman bencana alam. Semua sumber daya, khususnya teknologi, harus dimanfaatkan untuk mencegah kerusakan lebih parah. 

Hal itu disampaikan Megawati lewat video konferensi dalam acara pembukaan Pelatihan Kebencanaan "Lanina, Fenomena dan Dampaknya" yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP, secara tatap muka terbatas dan daring.

"Dengan segala hormat, saya merasa ini sebetulnya terjadi yang namanya bencana alam itu karena kelalaian, termasuk dari pimpinan-pimpinan daerah yang kurang menanggapi. Bahwa (bencana alam) ini sebetulnya paling tidak bisa dihindari dengan tentunya bantuan teknologi, dan kesadaran manusianya sendiri," kata Megawati, Rabu 27 Oktober 2021. 

Sebagai seorang ibu, Megawati mengaku sering merasa terenyuh terhadap bencana alam yang ada. Sebagai Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati sudah sedikit banyak tahu mengenai besarnya peran kepala daerah untuk mencegah bencana terjadi. 

Putri Proklamator Bung Karno itu mengatakan, dirinya bukan hendak gagah-gagahan. Namun dia hanya ingin menyadarkan semua pihak, soal besarnya skala ancaman bencana alam. Seluruh elemen masyarakat perlu bergandeng tangan mengatasinya, agar masyarakat bisa diselamatkan.

"Mari kita gotong-royong untuk misalnya bagaimana mengubah tata ruang," ujar Megawati.