Spanduk Terpasang di Warung, Airlangga Dinilai Dekati Rakyat Kecil

Menko Airlangga sambangi pelaku UMKM di Solo.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

VIVA - Spanduk bergambar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto terpasang di warung-warung UMKM. Hal itu disebut sebagai upaya Airlangga untuk lebih dikenal masyarakat kecil.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

“Secara komunikasi politik, spanduk lewat warung UMKM itu bagian dari upaya membangun citra populis dan membumi bagi Airlangga,” kata Pengamat Politik dari LIPI, Wasisto Raharjo Jati, saat dihubungi wartawan, Rabu, 27 Oktober 2021.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto melihat produk UMKM warga di Kampung Tangguh COVID-19 Kelurahan Talise Valangguni, Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada salah satu agenda kunjungan kerjanya, di Palu, Jumat, 27 Agustus 2021.

Photo :
  • ANTARA/Moh Ridwan
Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

Terjun Langsung Secara Pribadi

Wasis mengatakan Airlangga selama ini dikenal sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Namun belum begitu dikenal publik khususnya masyarakat menengah ke bawah.

Airlangga Respons Gugatan PDIP di PTUN: Keputusan MK Sudah Final

Oleh sebab itu, Wasis mendorong Airlangga rajin turun menemui masyarakat. Dia menambahkan baliho Airlangga yang ramai belakangan ini belum efektif menarik perhatian masyarakat.

Baca juga: Blusukan ke Kampung Jokowi, Airlangga Didoakan Warga Jadi Presiden

Oleh karena itu, Airlangga perlu sesekali terjun langsung secara pribadi. Karena media luar ruang tidak bisa membangun ikatan emosional antara Airlangga dengan pemilih potensialnya.

Spanduk bergambar Airlangga Hartarto muncul di warung sekitar Tangerang.

Photo :
  • Istimewa.

Spanduk Muncul di Warung

Sebelumnya, spanduk bergambar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto muncul di warung-warung sekitar Tangerang. Ternyata, itu adalah salah satu program dari Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) usAHA, sebuah kelompok pemberdayaan masyarakat yang dibina Airlangga dan fokus kegiatannya pada pelatihan UMKM.

Koordinator UMKM usAHA Kota Tangerang, Hellen Noya, membenarkan status Airlangga sebagai pembina di UMKM usAHA. Dia pun menjelaskan alasan gambar Airlangga ada di spanduk-spanduk tersebut.

"Jadi, kenapa ada wajahnya Pak Airlangga di spanduk ini, karena beliau adalah pembina dari UMKM usAHA," kata Hellen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya