Megawati Contohkan Dua Nama Kala Singgung Kriteria Menteri PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno virtual
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno virtual
Sumber :
  • Youtube PDIP

VIVA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan, partainya selalu hati - hati dan mematok kriteria bagi kader yang diminta Presiden Joko Widodo untuk duduk di kabinet. 

Menurut Megawati, Presiden sebagai yang empunya hak prerogatif, PDIP tentu tak ingin menyorongkan seseorang yang tidak punya kapasitas ketika duduk sebagai menteri.

Megawati pun menunjuk nama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dua di antaranya. 

“Kalau saya mau menjadikan mereka seorang menteri kan harus tahu pengetahuan dia kayak gimana ya, bisa kah dia menjalankannya, tidak sembarangan,” kata Megawati saat hadir secara virtual pada peresmian dan penandatanganan Prasasti Taman UMKM Bung Karno serta 16 kantor partai di seluruh Indonesia, Kamis, 28 Oktober 2021. 

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.
Photo :
  • VIVA/ Eduward Ambarita.

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Awalnya, Megawati menyampaikan perihal seseorang yang menjadi anggota partai, apalagi PDIP diperlukan adanya peningkatan kemampuan dan dasar kepemimpinan dari seorang kader. Ini berlaku bagi seluruh kader. 

Oleh karena itu, putri proklamator Bung Karno itu mengatakan, PDIP sudah sejak lama punya institusi sekolah partai. Selain berguna untuk meng-upgrade kemampuan kader, sekolah partai juga ditujukan untuk kaderisasi.