Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Andika Perkasa Digelar Besok

Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa
Sumber :
  • Indo-Pacific Defense Forum

VIVA – Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad berharap proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI berjalan lancar. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa akan jalani fit and proper test di Komisi I DPR pada Jumat, 5 November 2021.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Dasco menyampaikan, Badan Musyawarah (Bamus) DPR sudah melakukan rapat setelah menerima Surat Presiden (Surpres) terkait calon tunggal Panglima TNI. Dia mengatakan, Komisi I DPR akan menggelar rapat internal terkait persiapan fit and proper test.

“Setelah Bamus kemarin, rangkaian fit and proper test dimulai hari ini. Hari ini adalah rapat internal, direncanakan besok adalah fit and proper test yang dilaksanakan Komisi I," kata Dasco di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 4 November 2021.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Ketua Harian Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadath

Dia berharap fit and proper test terhadap Andika berjalan lancar. Pun, ia optimis proses Andika di DPR akan berjalan mulus dan cepat lantaran calon tunggal yang diusulkan Presiden Jokowi.

Sosok Dewi Puspitorini, Jenderal Bintang 1 Jabat Dokter Ahli CVC di RSPAD

Menurut Dasco, dari pengalaman sebelumnya bila calon tunggal Panglima TNI maka prosesnya tidak berlarut-larut.

“Kan hari ini rapat internal. Kalau menurut pengalaman-pengalaman yang ada, fit and proper test tidak lebih dari 1 hari. Karena calon tunggal, kalau lebih dari 1 bisa lebih dari 1 hari,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno menyampaikan surpres terkait nama Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Adapun Hadi Tjahjanto dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun.

Menurut Pratikno, tak masalah bila Andika hanya menjabat Panglima TNI selama satu tahun saja. Sebab, Andika memang akan masuk masa pensiun akhir 2022.  Namun, ia menekankan, Jokowi sudah menentukan kebijakan prerogatifnya yaitu mengajukan Andika dari matra TNI AD sebagai calon Panglima TNI.

Sementara, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan rangkaian fit and proper test akan dilakukan pada Kamis-Jumat, 4-5 November 2021. Jika lancar, persetujuan Andika sebagai Panglima TNI lewat paripurna DPR akan dilakukan pada Senin, 8 November 2021. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya