Visi Jenderal Andika Perkasa: TNI Adalah Kita

Jenderal Andika Perkasa Menjalani Fit and Proper Tes di DPR
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kepala Staf TNI AD (KSAD) yang juga merupakan calon tunggal Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, membeberkan visi dan misinya di hadapan Komisi I DPR RI dalam fit and proper test calon Panglima TNI.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Dalam 'vision statement' yang diungkapkannya di hadapan Komisi I DPR RI itu, Andika mengaku memilih frasa "TNI Adalah Kita" sebagai pandangannya dalam memikul amanah sebagai pucuk tertinggi di tubuh TNI.

"Memang sangat singkat sekali. Tetapi justru di sini saya ingin masyarakat Indonesia dan Internasional untuk melihat TNI sebagai kita, atau bagian dari mereka," kata Andika di Komisi I DPR RI, Senayan, Sabtu 6 November 2021.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Sang Jenderal menegaskan bahwa hal itu sebetulnya menunjukkan jika TNI sebagai lembaga, tidak ingin dilihat orang dengan harapan terlalu tinggi. "Karena kita dengan segala keterbatasan, kelebihan, dan kenaekaragamannya, ya inilah kita," ujarnya.

Andika menambahkan, TNI bisa saja ingin menjadi profesional dan lebih banyak lagi, namun hal itu jelas membutuhkan proses yang juga akan terus dibangun di internal TNI.

Sosok Dewi Puspitorini, Jenderal Bintang 1 Jabat Dokter Ahli CVC di RSPAD

Paparan visi-misi Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI

Photo :
  • Youtube DPR

Sebagaimana hal yang diakui Andika dipelajarinya dalam konteks public policy dan public administration, dia pun ingin agar masyarakat Indonesia melihat TNI sebagai organisasi yang apa adanya dan dengan segala kekurangan serta perbaikan yang memang harus terus dilakukan ke depannya.

"Tapi juga bukan berarti kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena banyak yang masih bisa kita lakukan. Sebagai orang yang punya keterbatasan, kita pasti punya cara yang berbeda dalam mengejar apa yang harus kita selesaikan, masih bisa," kata Andika.

Saat menuturkan 'mission statement' nya sebagai Panglima TNI nanti, Andika pun menegaskan bahwa dirinya tidak ingin keluar dari Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, dimana intinya menegaskan tiga hal utama bagi TNI.

"Yakni menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya