PDIP Siap Fasilitasi Anak Muda Indonesia Dapatkan Beasiswa LPDP

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Pemuda dan Olahraga, Eriko Sotarduga
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Pemuda dan Olahraga, Eriko Sotarduga, menyatakan partainya siap menyalurkan aspirasi masyarakat, khususnya para muda - mudi Indonesia yang ingin memperoleh kesempatan mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

Bank Indonesia Salurkan Beasiswa untuk 305 Penerima Program GenBi 2024

Kata Eriko, pihaknya akan menyampaikan kepada lembaga pemerintah yang punya otoritas menalangi dana pendidikan untuk para anak muda itu untuk melanjutkan studi, namun bisa saja terkendala satu lain hal.

Misalkan, ada calon mahasiswa yang tidak lolos seleksi beasiswa di satu tempat, mereka juga bisa mengajukan lewat PDIP. 

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI yang Berhasil Raih Prestasi Membanggakan

"Nanti bisa melalui website PDI Perjuangan nanti kami akan bantu untuk menyalurkan," kata Eriko saat hadir dalam acara Sosialisasi Peluang Beasiswa LPDP, di Kantor Pusat Partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa 9 November 2021.

"Ini sejalan dengan pesan Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri yang memerintahkan kami, partai politik, bukan hanya bicara soal kekuasaan. Tetapi bagaimana bisa bermanfaat bagi masyarakat seutuhnya," sambung Eriko. 

Kemnaker Berikan Beasiswa Pendidikan Wujud Kepedulian Generasi Penerus Bangsa

Eriko bilang, fungsi partai politik bukan sekadar hal - hal yang justru hanya diketahui para elite. Tapi lebih jauh dari itu, seperti lewat sosialisasi program LPDP ini, membuka kesempatan seluas - luasnya bagi siapa pun yang punya mimpi dan kemauan untuk melanjutkan studinya.

“Ibu Mega menitipkan pesan, kemarin kebetulan kami diskusi lama, beliau menitipkan pesan agar LPDP juga jangan lupa mengkhususkan bagi ilmu-ilmu murni. Itu matematika, biologi, fisika, kimia," kata Eriko yang juga Anggota DPR Komisi XI ini. 

Eriko pun bilang, partainya berkomitmen mendorong anak-anak muda Indonesia saat ini memiliki ilmu yang tinggi sehingga bisa mewujudkan Indonesia yang berdikari. Bekal itu bukan soal ilmu yang perlu disiapkan, juga kepercayaan diri supaya bisa menuntut ilmu sampai setinggi - tingginya.

"Itu yang diajarkan Bung Karno melalui Trisakti bahwa berdiri di atas kaki sendiri. Supaya generasi mengambil alih dengan pengetahuannya mengelola Indonesia dengan lebih baik," tegas Eriko.

Adapun kegiatan sosialisasi ini turut hadir Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Anggota Komisi X DPR Andreas Pareira, Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto, dan Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso.

Sementara Andreas Pareira mengingatkan, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ada 65 juta penduduk usia muda Indonesia atau setara 25 persen populasi. Selain itu, terdapat 52 persen generasi Y dan Z. Andreas menyatakan, mereka lah nanti para generasi penerus yang akan menentukan masa depan Indonesia. Sehingga menjadi sebuah negara maju, salah satu cara paling utama adalah menyiapkannya generasi selanjutnya lewat pendidikan.

"Generasi muda harus tangguh untuk menghadapi Indonesia emas 100 tahun pada 2045. Bayangkan sekarang kalau mereka mengambil S2 dan S3 di usia-usia 25, ini 2045 mereka usia 49 tahun, itu mereka yang akan mengelola Indonesia berdasarkan Pancasila," kata Andreas.

Baca juga: Megawati Ajak Muda-Mudi Ambil Kesempatan ikut Beasiswa LPDP

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya