Dampingi SBY Berobat Kanker Prostat, AHY: Kondisi Bapak Stabil

AHY saat live video conference dari AS.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengaku sedang berada di Amerika Serikat (AS) untuk mendampingi ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. SBY berada di AS karena pengobatan sakit kanker prostat.

AHY: Enggak Masalah Kursi Demokrat di DPR Turun, yang Penting Prabowo Menang

"Keberadaan saya di Rochester ini adalah dalam rangka mendampingi ayah saya, Bapak SBY, yang tengah menjalani pengobatan atas kondisi kesehatannya. Beberapa waktu lalu, Bapak SBY didiagnosa mengidap penyakit kanker prostat," ujar AHY dalam video conference di kantor DPP Demokrat Jakarta Pusat, Rabu 10 November 2021.

Dalam video itu, AHY menjelaskan kondisi SBY sudah lebih baik dan stabil. Dia menyampaikan langkah pengobatan kanker prostat ke AS merupakan saran tim dokter kepresidenan.

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

"Atas saran tim dokter kepresidenan, beliau dimohon untuk melakukan pengobatan di Rumah Sakit Mayo Clinic. Alhamdulillah, Bapak SBY saat ini dalam kondisi yang stabil," jelas AHY.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beri penghargaan ke SBY. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • Dok. Demokrat
Demokrat Tak Ingin Tuntut Jatah Menteri Kabinet ke Prabowo Subianto

Menurut dia, SBY nanti akan menjalani operasi. Dia mengatakan, Presiden RI ke-6 itu sebelum operasi juga sudah melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan awal.

"Saya berkesempatan mendampingi Bapak SBY untuk melakukan sejumlah pemeriksaan kesehatan awal sebelum dilaksanakannya tindakan operasi," ujarnya.

Meski demikian, ia menyampaikan dirinya masih tetap bisa mengontrol kepemimpinan Partai Demokrat dari AS secara visual. Salah satu contohnya ia masih memperhatikan dan memimpin agenda uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap sejumlah calon Ketua DPD Demokrat.

"Bahkan sehari setelah mendarat di Amerika, saya langsung memimpin pelaksanaan beberapa Musyawarah Daerah, maupun fit and proper test para calon Ketua DPD Partai Demokrat,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya