Jika Nasdem Bikin Konvensi Capres, Ridwan Kamil Tak Dapat Karpet Merah

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Partai Nasdem berencana menggelar konvensi untuk menjaring bakal capres. Meski belum jelas mekanismenya, konvensi ini bila terealisasi bakal merangkul figur potensial mulai Gubernur DKI Anies Baswedan  hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Ketua DPW NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa menjelaskan, jika terealisasi maka konvensi capres itu tidak akan ada kursi spesial bagi figur tertentu.

"Untuk 2024 Nasdem dari awal Pak Surya (Surya Paloh) menegaskan kita akan melakukan konvensi sebagai syarat untuk memberikan banyak alternatif pilihan ke masyarakat dan konvensi akan lahir pemimpin terbaik nanti yang diusung oleh partai Nasdem," ujar Saan di Bandung, Jumat 12 November 2021.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Adapun Ridwan Kamil diusung Nasdem saat Pilgub Jabar. Saat ini, eks Wali Kota Bandung itu masuk bursa capres merujuk versi hasil sejumlah survei.

Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali (dua dari kiri) dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh

Photo :
  • Istimewa
Nilai Demokrasi Mau Luntur, Front Penyelemat Demokrasi Ikut Ajukan Amicus Curiae ke MK

Saan menekankan bila Ridwan Kamil nanti mengikuti konvensi maka tak akan ada 'karpet merah'.

"Semua punya kesempatan yang sama, punya peluang yang sama untuk ikut konvensi dan untuk ikut menjadi peserta konvensi, mempunyai peluang yang sama untuk dicalonkan oleh partai NasDem," jelas Anggota DPR tersebut.

Dia menjelaskan, konvensi ini masih digodok di internal Nasdem. Tapi, ia menyebut pihaknya tentu mempertimbangkan kepala daerah potensial seperti Anies, Ridwan Kamil. Lalu, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pun, beberapa nama potensial kader Nasdem.

"Ada menteri internal juga kan kita punya banyak kader ada menteri di kalangan NasDem sendiri. Itu nanti kita harapkan semua nanti ikut konvensi di partai," lanjut Saan.

Terkait itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih belum bisa memberikan komentar banyak. Alasannya karena konvensi capres ala Nasdem masih belum jelas kepastiannya.

Emil, sapaan akrabnya mengaku saat ini masih ingin fokus menjalani tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat. Dengan kerja baik maka ia yakin elektabilitas akan meningkat.

"Belum tentu (ikut), konvensinya kapan dan gimana, nunggu aja. Nanti jawabannya pada saat sudah ada berita. Makanya, saya fokus kerja saja. Kerja baik menghasilkan peningkatan elektoral yang baik sehingga itu mudah-mudahan diapresiasi pada saat nanti konvensi," tutur Emil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya