Bawaslu Siap Bekerja Kapanpun Pemilu 2024 Digelar

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar
Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar
Sumber :
  • Humas Bawaslu RI

VIVA – Komisioner Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Fritz Edward Siregar, menyatakan siap untuk bekerja dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, kapan pun ditetapkan. Hingga kini, masalah pelaksanannya masih perdebatan, apakah Februari atau Mei 2024.

Terkait tanggal penyelenggaraan Pemilu 2024, sejumlah opsi masih dibahas baik itu 21 Februari 2024 ataupun 15 Mei 2024.

"Dalam berbagai kesempatan saya selalu mengatakan, apapun tanggalnya, kapan pun itu, Bawaslu siap. Nah, jadi kadang-kadang kami diminta untuk dipojokkan, mau dukung mana 21 Februari atau 15 Mei. Karena kami dalam posisi apapun tanggal yang dipilih pemerintah dan KPU, dan Komisi II terkait tanggal pemilu, kami siap untuk melakukan fungsi pengawasan," kata Fritz di Anyer, Serang, Banten, Jumat, 12 November 2021. 

Ada 2 opsi yang muncul mengenai tanggal pemilu. Pemerintah mengusulkan tanggal 15 Mei dan KPU mengusulkan tanggal 21 Februari.

Menurut Fritz, penentuan tanggal emilu juga akan berkaitan dengan anggaran yang digelontorkan dari Kementerian Keuangan. Fritz mengatakan, apabila pemilu digelar pada Februari, maka belum tentu anggaran penyelenggaran pemilu sudah turun.

"Tahun anggaran dimulai Januari, tapi kenyataan di lapangan, kalau kawan-kawan tanya kepada kementerian dan lembaga, bulan Januari itu gak ada uang turun dari Kementerian Keuangan, turunnya Maret dan April," jelas Fritz.

Ilustrasi Pemilu.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A