PDIP Minta Kebakaran Kilang Pertamina Diinvestigasi, Awas Sabotase

Kepulan asap dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Cilacap.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc

VIVA – Anggota Komisi VII dari Fraksi PDI Perjuangan Dony Maryadi Oekon meminta aparat Kepolisian dan Pertamina melakukan investigasi kebakaran tangki kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah. Polisi diminta mengusut tuntas apakah kebakaran tangki minyak itu murni karena peristiwa alam atau karena ada kesengajaan.

Wow! Kilang Balikpapan Bakal Jadi yang Terbesar di Indonesia, Geser Posisi Cilacap

Pasalnya, Dony menyebut sejak 2008 hingga 2021 telah terjadi sekitar 16 kecelakaan di kilang maupun di depo. Kemudian di kilang Cilacap itu sejak tahun 2008 sampai dengan hari ini sudah 7 kali terjadi kebakaran, dan tahun ini sudah 2 kali kebakaran. 

"Dari 16 kejadian, ada yang depo 3 kali kejadian, tapi rata-rata itu kejadian kecelakaan dari pekerjaan. Hari ini kita sangat concern sekali yang terjadi di Cilacap dan di Balongan, dan ketiganya terjadi karena alam atau petir," kata Dony, Senin 15 November 2021

Pertamina Resmikan PLTS Kilang Cilacap

Dony meminta agar segera dilakukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui penyebab kebakaran di Kilang Pertamina Cilacap. "Apakah ini karena alam atau karena human error, atau satu lagi, sabotase. Karena bertubi-tubi terjadi di tahun ini," ujarnya

Menurut Dony, kebakaran karena kelalaian atau kesalahan manusia semestinya tidak terjadi, karena pengamanan di kilang minyak sudah berlapis dengan pengamanan ketat. Jika memang karena bencana alam, alasan tersebut sulit diterima karena petir terjadi setiap tahun.

Masa Transisi Energi, Pertamina Komitmen Jaga Pasokan BBM-LPG dan Lanjutkan Green Refinery

"Lihat ke belakang, petir tiap tahun tidak berubah, kenapa di tahun ini sampai tiga kali harus kena, kita concern sekali dengan itu," ujar Dony

Sebelumnya diberitakan, Insiden kebakaran hebat kembali terjadi di area Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah. Sabtu 13 November 2021 pukul 19.30 WIB, dan melalap satu satu tangki berisi BBM Pertalite.

Peristiwa kebakaran ini merupakan yang kedua terjadi di Kilang Pertamina Cilacap pada tahun ini, setelah sebelumnya terjadi Jumat 11 Juni 2021 pukul 19.45 WIB pada tangki yang berisi benzene.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya