Kilang Pertamina Terbakar karena Sambaran Petir, Adian: Masak Iya Sih?

Kepulan asap dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Cilacap.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc

VIVA – Fraksi PDI Perjuangan mendesak dilakukan investigasi menyeluruh terkait kebakaran kilang milik Pertamina di Cilacap Jawa tengah. PDIP menyatakan sangat memberi perhatian atas peristiwa ini karena terbakarnya kilang milik Pertamina bukan sekali ini saja terjadi.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PDI Adian Napitupulu mengatakan terlalu dini menyimpulkan penyebab kebakaran itu adalah sambaran petir. Dia menilai bahwa kalau hanya petir maka bisa terjadi kapan saja dan mestinya hal itu bisa dicegah.

"Dengan kemampuan teknologi sekarang harusnya pengamanan bisa jauh lebih baik dan melihat sudah terjadi berkali-kali. Masak iya sih tidak ada perbaikan sama sekali. Masak iya tidak ada upaya untuk memperbaiki agar tidak terjadi peristiwa yang sama," kata Adian di gedung MPR/DPR Senin 15 November 2021

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Adian menambahkan, kilang minyak merupakan lokasi yang masuk dalam kategori objek vital negara, dan dipasang pengamanan yang berlapis. Namun justru bisa terjadi kebakaran yang cukup sering sehingga hal ini menimbulkan banyak pertanyaan.

"Karena terjadi berkali-kali kita melihat jangan-jangan tidak cuma karena faktor alam, mungkin juga terbuka faktor-faktor yang lain misalnya human error. Kenapa? ada 5 level pengamanan yang seharusnya dilakukan di setiap kilang minyak kita. Kilang minyak ini kan harusnya masuk kategori objek vital negara," kata Adian lagi.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Menurut Adian, pengamanan kilang minyak haruslah dilakukan luar biasa. 
"Mengamankan dari sabotase, mengamankan dari bencana alam dan sebagainya. Nah kalau kemudian kembali pada pertanyaan tadi Apakah pasti petir? belum tentu. Ada kemungkinan? lain bisa saja," ujar mantan aktivis itu.

"Yang jaga, yang menjaga berapa banyak, sedang apa saat itu? kemudian mungkin tidak terjadi sabotase? ya mungkin juga. Oleh siapa? Bisa juga mafia migas, bisa juga orang-orang lain yang berkepentingan untuk membuat instabilitas," kata Adian.

Menurut Adian, bahan bakar minyak ini salah satu bagian vital yang paling penting dalam kehidupan manusia oleh karena itu penting bagi negara. Oleh sebab itu bisa saja ada oknum yang sengaja menciptakan instabilitas di Indonesia.

"Fraksi PDIP Perjuangan meminta agar tidak muncul spekulasi-spekulasi di kemudian hari saling tuduh dan sebagainya. Kita minta itu investigasi yang menyeluruh," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya