Kontroversi Seragam ASN Kementan, Ahmad Ali: NasDem Tak Punya Loreng

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor pinang Jambi ke Pakistan
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

VIVA – Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali angkat bicara mengenai ada sejumlah pejabat di Kementerian Pertanian (Kementan) yang memakai seragam Kostranas. Ali menjelaskan bahwa Kostranas tidak terafiliasi dengan NasDem.

Keluarga SYL Terungkap Ikut Nikmati Uang Korupsi di Kementan, KPK Bilang Begini

Ali juga mengatakan, secara struktural kepartaian, NasDem tidak memiliki sayap partai yang bernama Kostranas. Selain itu juga seragam NasDem hanya satu yakni yang berwarna biru bukan yang bercorak loreng.

"NasDem enggak punya loreng. Nasdem ini cuma punya satu seragam, warna biru," kata Ali, kepada wartawan, Selasa 16 November 2021

Eks Ajudan SYL Akui 2 Kali Beri Hadiah Jam Tangan Mahal ke Ketua Komisi IV DPR RI

Ali menambahkan, Kostranas sendiri juga tidak ada dalam AD/ART Partai NasDem. Dia juga menyebut tidak mengenal adanya organisasi Kostranas tersebut.

"Saya bilang Kostranas itu bukan sayap partai NasDem. Saya tegasin itu bukan sayap dan badan Partai NasDem," ujarnya

Ditanya soal Status Keanggotaan Partai Politiknya, Gibran Bilang Begini

Sebelumnya dalam rapat DPR yakni rapat dengar pendapat Komisi IV DPR RI dengan eselon I Kementerian Pertanian, ada seorang anggota yang yang mempertanyakan adanya sejumlah ASN yang mengenakan pakaian loreng berwarna biru. Pakaian tersebut identik dengan seragam Komando Strategis NasDem atau Kostranas.

"Mohon maaf saya ingin menyampaikan ini ada yang masuk di medsos tentang netra?itas saudara kami yang ada di Kementan. Pada beberapa waktu lalu menggunakan atribut partai atau pun apa namanya ataukah Kementan sudah mengganti dengan loreng seperti itu. Ini bisa menjadi satu atensi. Penjelasannya saja biar jelas di mata publik," ucap salah seorang anggota dalam rapat tersebut.

Menjawab hal tersebut, Sekjen Kementan Kasdi menyampaikan permohonan maafnya. Menurutnya tidak ada tujuan lain selain hanya menghormati dalam penyelenggara acara.

"Kehadiran kami dengan atribut itu meskipun secara formal kami tidak dalam posisi itu sebenarnya kami ingin menghormati acara tersebut dan kami hadir dengan bapak menteri," kata Kasdi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya