Pengamat Sebut Sandiaga Uno 'Barang Bagus' Capres 2024

Menparekraf Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenparekraf.

VIVA – Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menyebut elektabilitas Sandiaga Uno naik dan digadang-gadang potensial dapat maju sebagai capres 2024.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

"Kalau melihat hasil survei yang dirilis PRC (Politika Riset dan Consulting) minggu lalu, elektabilitas Sandi naik. Tak heran jika publik melabeli Sandiaga Uno “barang bagus”, kata Adi, saat diwawancarai awak media dalam acara bertajuk Peta Politik dan Peluang Elektoral Capres Alternatif 2024 yang diselenggaran Lingkar Studi Politik Indonesia (LSPI) di Jakarta Selatan dikutip Senin, 22 November 2021.

"Capres yang juga layak diperhitungkan pada 2024, ya Sandiaga Uno. Data di survei PRC begitu”, lanjutnya. 

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Pria yang akrab disapa Adi ini juga menilai elektabilitas Sandiaga Uno naik signifikan setelah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dulu Sandi sempat tenggelam pasca pilpres 2019, tapi kini namanya muncul signifikan kembali.

Adi menuturkan, dirinya pernah membuat riset pada Desember 2020 dengan simulasi Prabowo tak maju pilpres 2024. Mayoritas pemilih Prabowo lari ke Sandi ketimbang Anies Baswedan.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

"Hasilnya hampir 96 persen pemilih Prabowo, lebih memilih Sandiaga Uno. Basis pemilihnya mulai berdenyut kembali di berbagai tempat. Tak heran dalam survei PRC Sandi paling atas, disusul dengan kandidat lain seperti Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) dan Tri Rismaharini (Menteri Sosial RI)," lanjut dia.

Dia melanjutkan, Sandiaga Uno juga dinilai sebagai sosok fleksibel yang mudah diterima semua lapisan masyarakat. Yang kelihatan publik begitu. Berbeda dengan Anies Baswedan yang hanya didukung oleh basis-basis Islam tertentu yang itu-itu saja.

"Sandiaga Uno merupakan barang bagus. Sandiaga gampang dipoles, muda, moderat, dan dekat kelompok manapun, tidak pernah baper secara politik, santai, pengusaha, sekolahnya bagus, tingkat kepribadiannya juga bagus," jelas Adi. 

Adi menilai, ibarat mobil Sandi lebih mudah didorong karena punya bekal popularitas dan elektabilitas yang baik versi survei PRC. 

Terlepas suara pengurus di Gerindra yang ingin Prabowo maju kembali, tapi suara publik juga mulai kembali bermunculan yang menilai Sandi juga layak masuk nominasi capres. Survei itu cermin suara publik.

"Jika Sandi bisa jadi Capres 2024, rasanya perjuangannya tidak terlalu sulit karena dia sudah dikenal publik secara luas,” pungkasnya.

Hadir juga dalam diskusi ini Direktur Eksekutif PRC Rio Prayoga, Wasekjend Gerindra Andy Wijaya, dan Jubir Muda PAN Dimas Prakoso Akbar.

Baca juga: Suara Prabowo di Jabar Diprediksi Tergerus, Peluang Bagi Airlangga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya