PDIP-Gerindra Makin Intens, Golkar Fokus Besarkan Airlangga

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur

VIVA – Partai Gerindra menyampaikan keinginan mereka untuk berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada Pemilu 2024. Hal itu pun ditanggapi oleh Ketua DPP Partai Golkar, TB Ace Hasan Syadzily.

Ratas Bahas Geopolitik, Airlangga: Cadangan Devisa Kita Masih Kuat

"Pada prinsipnya, Partai Golkar itu sangat terbuka untuk berkoalisi dengan partai politik manapun. Tentu dengan syarat Pak Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024," kata Ace saat dihubungi wartawan, Senin, 29 November 2021. 

Ace mengemukakan keputusan ini merupakan kebijakan final Partai Golkar sesuai dengan hasil Munas 2019 dan diperkuat dalam Rapimnas 2021 yang lalu. 

Bertemu Airlangga di Jakarta, Bobby: Saya Diundang, Gak Sopan Kalau Tak Datang

"Soal berkoalisi dengan partai mana, tentu kami harus menyamakan persepsi dan platform perjuangan yang sama antar partai politik," ujar dia. 

Fokus Elektabilitas Airlangga

Kirim Surat Amicus Curiae ke MK, Megawati Singgung Etika Presiden Jokowi

Meskipun Gerindra dan PDIP menjalin koalisi, Ace menegaskan bahwa saat ini, Partai Golkar sedang fokus untuk menaikan popularitas dan elektabilitas Airlangga Hartarto.

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

Sebelumnya, Partai Gerindra mulai terang-terangan untuk berkoalisi dengan PDI Perjuangan pada Pemilu 2024 mendatang. Itu disampaikan Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Baca juga: Suara Prabowo di Jabar Diprediksi Tergerus, Peluang Bagi Airlangga

Gerindra Terkesan

Muzani terkesan dengan kekuatan politik PDIP terutama di Jawa Tengah. Di mana sejak Pemilu 1999 sampai 2019 yang lalu, PDIP selalu menjadi pemenang pemilu di provinsi tersebut. Berbeda dengan provinsi lainnya di Pulau Jawa, yang selalu bergantian pemenangnya dalam setiap pemilu.

Untuk itu, Muzani meminta agar Partai Gerindra belajar dengan PDIP tentang cara mempertahankan kepercayaan rakyat seperti yang terjadi di Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya