Musda Riau, Agung Aklamasi Jadi Calon Tunggal Ketua DPD Demokrat

Wakil Ketua DPRD Riau Fraksi Demokrat Agung Nugroho bersama AHY.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Perhelatan Musyawarah Daerah atau Musda V DPD Partai Demokrat Riau akhirnya berlangsung lancar dan sesuai tata tertib merujuk AD/ART. Sebelumnya pelaksanaan musda sempat alot karena mengalami tiga kali perubahan.

KPK Kembali Tetapkan Bupati Meranti Jadi Tersangka, Kini Giliran TPPU dan Gratifikasi

Dalam Musda V, 12 DPC Demokrat seprovinsi Riau secara aklamasi memilih Agung Nugroho, Wakil Ketua DPRD Riau sebagai calon tunggal Ketua DPD. Maka, jika nanti disahkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Agung resmi gantikan Asri Auzar.  

Juru bicara Ketua DPC Demokrat se-Riau, Muzamil Baharudin, menyampaikan Musda V sudah berlangsung konstitusional sesuai AD/ART dan peraturan organisasi Nomor 2 Tahun 2021. 

Blusukan ke Riau, Satgas Pangan Polri Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

"Percepatan musda itu kehendak seluruh pemilik suara. Bahkan dengan diundurnya hingga ketiga kalinya pada 29 November ini. Kita meminta kepada DPP untuk segera melaksanakannya," ujar Muzamil, dalam keterangannya, Rabu, 1 Desember 2021.

Ilustrasi Partai Demokrat saat acara Rapimnas.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Massive Fire Hits 240 Hectares of Natuna Land

Dia menekankan, dinamika dalam Musda V DPD Riau ini adalah biasa dalam politik. Menurutnya, dalam demokrasi biasa ada yang terpilih dan tidak terpilih. 

"Ada yang kecewa. Ada yang terpilih. Dan, ada yang tidak terpilih. Semua itu manusiawi. Lumrah dalam berpartai," tutur Muzamil. 

Pun, Muzamil menanggapi kabar segelintir kader ingin keluar dari partai karena dinamika tersebut. Bagi dia, hal itu sebagai hak demokrasi.

Dia membantah isu DPP bertindak sendiri dan mengabaikan pengurus DPD. Ia bilang, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sangat menghargai pengurus DPD Demokrat Riau periode sebelumnya.

"Buktinya Ketum AHY sempat mempertahankan Pak Asri sebagai Wakil Ketua DPRD Riau dari Fraksi Demokrat hingga mengundurkan diri. Dan, maju sebagai calon Bupati di Rokan Hilir pada Pilkada 2019," jelasnya.

Dia menyampaikan rencana Musda V DPD Riau PD sudah disosialisasikan dengan proses yang benar. "DPP PD sudah berkali-kali menyurati,  bahkan hingga ke tingkat para Ketua DPC se-Riau," lanjut Muzamil.

Sementara, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menyampaikan pesan AHY. Salah satunya meminta agar Agung mampu merangkul semua pihak. 

"Termasuk DPC dan kepengurusan sebelumnya. Itu PR Agung Nugroho, sebagai calon tunggal ketua DPD terpilih," tutur Riefky. 

Adapun Ketua DPC PD Rokan Hulu Kelmi Amri menyampaikan iktikad baik dari DPP terlihat dengan melakukan komunikasi berkali-kali dengan pengurus demisioner. Hal ini agar semangat dan pelaksanaan musda ini bisa berjalan dengan baik. 

Dia mengatakan adanya perbedaan dan silang pendapat tidak perlu ditanggapi berlebihan. "Kami yakini Partai Demokrat tetap solid. Kami siap bekerja untuk konsolidasi dan pemenangan Pemilu 2024," ujarnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya