Tahun Depan Masuk Parpol, Ridwan Kamil Pilih Partai Pancasilais

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berancang-ancang akan bergabung dengan partai politik (parpol). Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil ini mengisyaratkan dirinya akan bergabung dengan parpol di 2022 mendatang.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Kang Emil menyebut partai dengan karakter Pancasilais akan menjadi pilihannya untuk bergabung. Meski demikian, Kang Emil belum menyebut partai mana yang akan dipilihnya.

"Saya sudah putuskan tahun depan akan masuk parpol. Warna yang mana apakah warna taplak ini (kuning), warna baju satpam (biru) atau hijab merah, saya belum tahu," ucap Kang Emil di Fisipol UGM, Kamis 2 Desember 2021.

Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi

"Yang pasti yang paling Pancasilais, saya akan di situ. Karena menurut saya Pancasila harga mati. Tidak boleh terlalu kiri, tidak boleh terlalu kanan. Politik jalan tengahlah yang saya pilih," sambung Kang Emil.

Kang Emil menjabarkan sebagai seorang pemimpin dirinya acapkali mendapatkan kritikan bahkan di-bully. Kang Emil membeberkan dirinya yang memilih berada di tengah kerap di-bully kelompok kanan maupun kiri.

Akan Banyak Kejadian Politik setelah Prabowo-Gibran Ditetapkan Pemenang Pilpres, Menurut TKN

"Bagi saya yang di tengah. Ini kebutuhan hari ini. Merangkul yang terlalu kanan. Juga merangkul yang terlalu kiri," ungkap Kang Emil.

Kang Emil menambahkan jika ingin maju sebagai pemimpin Indonesia ada tiga syarat yang harus dipenuhi. Tiga syarat itu dinilai Kang Emil harus ada dalam pemimpin Indonesia.

"Satu elektabilitas dan kesukaan. Dua ada logistik. Untuk jadi Presiden saya dengar  sampai triliunan. Ketiga adalah partai yang mengusung karena sistem demokrasinya seperti itu," papar Ridwan.

Baca juga: Ridwan Kamil Umumkan Masuk Parpol Tahun Depan, NasDem Pilihan Utama

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya