Ridwan Kamil Sebit Urusan Capres-cawapres Ibarat 'Siti Nurbaya'

Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil bertemu di Jakarta
Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil bertemu di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Instagram Ridwan Kamil

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tak keberatan andai dia diposisikan sebagai calon wakil presiden yang dipasangakan dengan figur lain yang lebih tepat sebagai calon presiden pada pemilu tahun 2024. Dia hanya mensyaratkan satu hal, yaitu kesepahaman bersama.

Ridwan berterus terang mengikuti kabar sejumlah tokoh atau figur publik yang disebut-sebut sebagai kandidat potensial dalam pemilu presiden 2024, di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.

Namun, dia mengingatkan, semua itu bersifat sangat dinamis, dan dia tak berkeberatan jika nanti dipasangkan dengan salah satu di antara figur-figur itu. Dia berprinsip, kepemimpinan, selain amanat yang harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, juga mesti menghadirkan kemanfaatan bagi masyarakat.

"Bermanfaatkan dia di nomor satu; bermanfaatkan di mata rakyat jadi nomor satu, nomor dua--sama saja, yang penting rakyat lebih sejahtera, Indonesia lebih maju," katanya.

Mantan wali kota Bandung itu tak menjanjikan banyak hal atas sikap politiknya menyusul sejumlah hasil survei yang mengunggulkan namanya. Lagi pula, katanya, hasil survei itu masih sangat dinamis, yang berarti masih dapat berubah setiap saat hingga nanti pada hari pemungutan suara.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

Yang pasti, dia menekankan, sebagai kepala daerah, dia menerima segala kritik dan saran masyarakat selama itu untuk perbaikan dan demi kebaikan masyarakat. Pada akhirnya nanti, katanya, akan dicalonkan atau dipasangkan dengan siapa pun, bergantung pada banyak faktor.