Survei: Anies Teratas, Prabowo Merosot di Bawah Sandiaga

VIVA Militer: Letjen TNI (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo
VIVA Militer: Letjen TNI (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Sumber :
  • Facebook/Prabowo Subianto

VIVA – Lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) merilis riset survei terbarunya mengenai elektabilitas sejumlah tokoh yang digadang-gadang sebagai bakal capres 2024. Survei tersebut memperlihatkan elektabilitas Prabowo Subianto yang dijagokan Gerindra malah merosot.

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, menjelaskan, dari jawaban responden jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, elektabilitas Prabowo hanya sebesar 8,4 persen. Dengan perolehan tersebut, Prabowo berada di urutan kelima dari 30 nama yang dinominasikan.

Namun, untuk Sandiaga Uno justru moncer karena menempati posisi dua dengan angka elektabilitas 13,8 persen.

"Bahkan, dalam skema tokoh menteri paling di sukai, Sandiaga Uno berhasil menduduki posisi puncak dengan tingkat kesukaan publik sebesar 86 persen. Disusul Tri Rismaharini 82 persen, baru kemudian Prabowo Subianto sebesar 77 persen," kata Dedi, dalam keterangannya, Sabtu, 4 Desember 2021.

Gubernur DKI Anies Baswedan.

Gubernur DKI Anies Baswedan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Dedi, saat ini pendukung Prabowo mulai beralih. Dia menganalisa eks Danjen Kopassus itu sudah mulai ditinggalkan pemilihnya.

"Terlihat mencolok jika Prabowo mulai ditinggalkan, beralih ke Sandiaga Uno yang mulai merangkak naik menggantikan Prabowo," tutur Dedi.