Airlangga Instruksikan Kader Golkar Bantu Korban Erupsi Semeru

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur jadi keprihatinan berbagai pihak. Dampak bencana tersebut, 13 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya mengungsi.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Terkait itu, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto ikut menyampaikan duka citanya. 

"Saya atas nama Partai Golkar turut berduka atas peristiwa bencana alam erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur, yang menimbulkan dampak pengungsi di beberapa tempat," kata Airlangga kepada wartawan di Jakarta, 5 Desember 2021.

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Airlangga juga mengimbau agar masyarakat di daerah terdampak tetap waspada. Ia mengingatkan agar masyarakat bisa menjauhi radius yang berbahaya serta melakukan evakuasi ke tempat-tempat pengungsian yang sudah ditentukan pemerintah.

Pun, ia menginstruksikan jajaran kader Partai Golkar terutama di Jawa Timur bisa merespons cepat bencana ini. Airlangga ingin kader Golkar bergerak untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak erupsi Semeru.

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Pemukiman warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Photo :
  • tvOne.

Menurutnya, salah satu yang bisa dilakukan kader Golkar saat ini mendirikan posko pengungsian serta fasilitas lain seperti dapur umum.

"Kepada kader Partai Golkar di Jawa Timur, saya instruksikan untuk bergerak cepat membantu pengungsi di daerah yang terdampak dengan membuat posko pengungsian dan dapur umum," jelas Menteri Koordinator bidang Perekonomian tersebut. 

Kemudian, ia juga meminta pengurus DPP Golkar bidang penanggulangan bencana segera mendatangi lokasi sehingga bisa mengetahui kebutuhan masyarakat korban terdampak erupsi. Dia menyebut upaya yang bisa dilakukan saat ini memenuhi kebutuhan dasar seperti sembako hingga membagikan masker ke pengungsi.

“Saya juga sudah minta badan penanggulangan bencana Partai Golkar untuk segera ke lokasi bencana membagikan kebutuhan dasar masyarakat berupa sembako," tutur Airlangga.

Dia bilang pengurus DPP Golkar bidang penanggulangan bencana bisa berkoordinasi dengan Yellow Clinic untuk mendirikan posko kesehatan. Ia menekankan Yellow Clinic dibentuk Golkar untuk diproyeksikan membantu masyarakat korban bencana.

"Golkar juga menginstruksikan kepada Yellow Clinic untuk segera membantu memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru," ujar Airlangga. 

Lebih lanjut, dia berharap erupsi Semeru kali ini tidak menambah korban jiwa lebih banyak. Airlangga juga mendoakan agar proses evakuasi dan penanganan di lokasi bencana bisa berjalan lancar.

Merujuk data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 13 orang dilaporkan meninggal dunia imbas erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang dan Malang yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021. Sebanyak 41 orang mengalami luka bakar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kapusdatin BNPB Abdul Muhari, mengatakan, 11 korban meninggal masih dalam proses identifikasi oleh BPBD Lumajang. Laporan BPBD Kabupaten Lumajang tercatat 902 warga mengungsi di beberapa titik kecamatan.

"Selain itu, sebanyak 41 orang yang mengalami luka-luka, khususnya luka bakar, telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal. Selanjutnya mereka dirujuk menuju RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara," kata Muhari dalam keterangan pers, Minggu, 5 Desember 2021.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya