Survei Indikator: 72 Persen Puas terhadap Kinerja Jokowi

Presiden Jokowi Melihat Pertanian Jagung di Kabupaten Sorong, Papua Barat
Sumber :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

VIVA – Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa kepuasan terhadap kinerja Persiden Joko Widodo (Jokowi) meningkat. Dalam survei yang digelar pada 2-6 November 2021, 72 persen responden mengaku puas dengan kinerja Jokowi. 

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

"Kinerja Presiden total ada sekitar 72 persen yang sangat puas atau cukup puas terhadap kinerja Presiden Jokowi," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi kepada wartawan pada Minggu 5 Desember. 

Lebih lanjut kata Burhanuddin, tingkat kepuasan terhadap Jokowi dalam survei kali ini juga mengalami peningkatan sangat tajam. Sebab pada Juli 2021 lalu, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi berada pada angka 59 persen. Angka tersebut merupakan yang terendah selama 6 bulan terakhir. 

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

"Dalam waktu 2-3 bulan naik 13 persen. Nah ini approval rating sekarang adalah kenaikan paling tinggi selama pandemi 2 tahun terakhir," ucapnya. 

Dia menjelaskan, dari hasil analisis data yang didapat, ada dua faktor utama yang membuat tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi meningkat tajam. Pertama adalah kepuasan terhadap ekonomi. Responden yang menilai ekonomi membaik itu meningkat. Sedangkan responden yang mengatakan keadaan ekonomi memburuk itu menurun. 

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Faktor kedua adalah penanganan COVID-19. Dua (faktor) ini menyumbang kepuasan kinerja presiden meningkat," katanya. 

Indikator Politik Indonesia melakukan survei pada 2-6 November 2021. Survei dilakukan secara tatap muka dengan jumlah responden mencapai 2.020 orang. Sedangkan penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dan margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
 

Aksi menentang kekerasan terhadap jurnalis. (Foto ilustrasi).

Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh

Survei mengungkapkan, bentuk kekerasan Jurnalis berupa pelarangan liputan hingga teror dan intimidasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024