Erick Thohir Sosok paling Kuat Jadi Capres dari Kalangan Menteri

Erick Thohir resmi jadi anggota kehormatan Banser
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Direktur Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago angkat bicara mengenai Menteri Kabinet Indonesia Maju yang berpotensi menjadi Capres 2024. Syarwi menilai salah satu kandidat kuat dari kalangan Menteri yang menjadi Capres adalah  Erick Thohir.

Timnas Indonesia U-23 Pasti Raih Hasil Bagus, Main 9 Orang Saja Bisa Repotkan Qatar

Menurut Pangi, Erick memiliki banyak prestasi dan capaian selama menjabat sebagai Menteri BUMN. Hal tersebut bisa menjadi modal awal untuk elektoral Erick Thohir pada Pemilu 2024. 

"Prestasi dan capaian Erick Thohir saat ini adalah bagian dari bonus elektoral modal untuk Pilpres 2024," kata Pangi kepada wartawan, Selasa 7 Desember 2021.

Justin Hubner Gabung, Waktunya Indonesia U-23 Mati-matian Raih Kemenangan

Baca juga: Sedia Payung, Selasa Pagi hingga Dini Hari Jakarta Akan Diguyur Hujan

Apa yang disampaikan Pangi didukung data yang dirilis Voxpol April 2021. Lewat survei nasional, Voxpol mendapati bahwa Erick Thohir adalah salah satu Menteri Jokowi dengan kinerja yang dianggap publik terbaik.

Justin Hubner Dapat Izin ke Indonesia U-23 dari Cerezo Osaka

Survei simulasi Voxpol Center pun menempatkan Ganjar Pranowo bersama Erick sebagai calon duet pasangan terkuat pada Pilpres 2024. 

Hasil survei Voxpol semakin diperkuat survei nasional yang dilakukan Indikator Politik Indonesia. Hasil survei Indikator Politik Indonesia, menunjukkan simulasi duet Ganjar-Erick mengungguli Prabowo-Puan Maharani serta Anies-Sandiaga. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Walau begitu, tingkat elektabilitas Erick ini juga memunculkan risiko munculnya serangan personal kepada menteri andalan Jokowi itu. Hal ini tergambar dari semakin seringnya Erick diserang sejumlah isu dan kabar hoaks di media sosial, seperti isu soal PCR. 

Menurut Pengamat Komunikasi Fatimah Ibtisam menilai konsekuensi dari pejabat dan tokoh penting memunculkan sejumlah pihak yang ingin menjatuhkan. Maka dari itu tokoh publik harus siap dengan ancaman ini.

"Sebenarnya fitnah semacam ini bukan hal baru, kerap menimpa tokoh penting atau pemimpin. Jika diamati narasi hoaksnya pun mirip. Sehingga sebenarnya cukup mudah bagi masyarakat untuk menilai mana yang kritik dan yang mana serangan personal berupa hoaks," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya