Megawati Tugaskan Baguna Bantu Rakyat Korban Erupsi Semeru

VIVA Militer: Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Britannica

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) lewat sayap partai di bidang kebencanaan, Baguna sudah menerjunkan tim ke lokasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat korban erupsi Gunung Semeru. Baguna telah datang sejak Minggu, 5 Desember 2021

Gerindra soal Pertemuan Prabowo-Megawati: Bukan Tidak Mungkin Terwujud

Mereka langsung bekerja ikut mengevakuasi pengungsi, pembuatan dapur umum, hingga bantuan selimut, masker dan obat-obatan.

“Baguna PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur memimpin tanggap darurat dengan dibantu Baguna dari DPC Lumajang, Surabaya, dan hari ini diperkuat dengan DPC Malang, Jember, dan Banyuwangi," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Selasa 7 Desember 2021.

Politisi PDIP Bicara Peluang Prabowo Subianto Bertemu Megawati Soekarnoputri

Dia menjelaskan, untuk mengoordinasikan penangganan bencana, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah menugaskan Ribka Tjiiptaning, Sri Rahayu, dan Sadarestuwati.

Ketiganya memimpin gerak Baguna di dalam membantu rakyat korban letusan Gunung Semeru.

Megawati Sudah Bertemu dengan Banyak Tokoh Demokrasi tapi Tertutup, Ini Penjelasan Sekjen PDIP

Kondisi akses ke pengungsian erupsi Gunung Semeru.

Photo :
  • Lucky Aditya/VIVA.

Sementara, Kepala Baguna Pusat, Max Ruland Boseke dan Sekretaris Baguna Alvian Feoh diminta melakukan gelar pasukan Baguna se-Jabodetabek guna mengantisipasi banjir di wilayah tersebut.

Dia menekankan, kader PDIP yang juga Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma juga turun ke lapangan. Dia juga sudah berkoordinasi dengan BMKG, BNPB, Basarnas. 

"Aparatur pemerintah daerah termasuk melakukan relokasi tempat pengungsian ke daerah aman setelah mendapatkan informasi dari Direktorat Jendral Vulkanologi dan Geologi Kementerian ESDM," jelas Hasto.

Hasto bilang, keberadaan Baguna terutama dalam menjalankan tugasnya saat terjadi sesuatu terutama masyarakat korban bencana. Organisasi sayap tersebut aktif bekerja di berbagai daerah dengan semangat gotong royong sembari berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Motto Baguna sebagaimana ditetapkan oleh Ibu Mega, yakni tanggap darurat, gerak cepat, tepat sasaran, telah diterjemahkan dalam protap operasional dalam penanggulangan bencana," tutur Hasto.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya