Irma Suryani Nasdem Kembali Dilantik Jadi Anggota DPR

Politisi NasDem Irma Suryani Chaniago (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana

VIVA - Rapat Paripurna DPR yang diselenggarakan pada Selasa, 7 Desember 2021, juga mengagendakan Pelantikan Pengganti Antarwaktu Anggota DPR Sisa Masa Jabatan Tahun 2020-2024. Salah satu yang dilantik pada kesempatan tersebut yakni Politikus Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago.

Irma Nasdem Murka ke Rocky Gerung: Patut Orang Ini di Penjara, Enak Betul Minta Maaf!

Ilustrasi rapat paripurna DPR.

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat.

Komisaris Independen Pelindo I

Ramai Olok-olok Gedung DPR di Google Maps, dari 'Peternakan Tikus' hingga 'Kantor Petugas Partai'

Irma Suryani sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Independen Pelindo I. Irma ditunjuk sebagai komisaris setelah gagal terpilih sebagai Anggota DPR pada Pemilu 2019. Kini, dia kembali jadi Anggota DPR memggantikan Percha Leanpuri, yang meninggal akibat COVID-19.

"Petikan keputusan Presiden RI nomor 137/P tahun 2021 tentang peresmian pengangkatan antarwaktu anggota DPR dan anggota MPR sisa masa jabatan tahun 2019-2024 dengan rahmat Tuhan YME Presiden RI menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan Keputusan Presiden tentang Peresmian PAW, DPR, dan MPR sisa masa jabatan 2019-2024 kesatu," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad selaku pimpinan rapat.

Irma NasDem Ungkap Sosok Ideal Capres 2024: Tidak di Kiri atau Kanan

Dua Nama yang Dilantik

Ada dua nama yang dilantik dalam pergantian antarwaktu (PAW) hari ini. Selain Irma, Rapat Paripurna kali ini juga melantik politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Riyanta, yang menggantikan Imam Suroso yang meninggal karena COVID-19. Keduanya resmi menjadi Anggota DPR sejak hari ini.

"Terhitung sejak saat pengucapan sumpah janji pengangkatan antarwaktu sebagai anggota DPR sampai berakhir masa jabatan tahun 2019-2024," ujar Dasco.

Baca juga: Relawan Jokowi Usulkan Syahrul Yasin Limpo Dicopot, Nasdem Tak Terima

Setelah itu, Dasco memimpin pengambilan sumpah sebagai anggota Dewan terhadap Riyanta dan Irma. Dasco memimpin pembacaan sumpah didampingi Wakil Ketua DPR Rachmad Gobel dan Lodewijk F Paulus.

Ilustrasi rapat paripurna DPR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tanggung Jawab

Politikus Gerindra itu mengingatkan bahwa sumpah yang akan diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara RI. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD RI 1945.

"Sumpah ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran, saya harap saudara ikuti lafal sumpah yang akan saya pandu," ujar Dasco.

Proses pengucapan sumpah berjalan lancar dan setelah sumpah jabatan langsung dilakukan penandatanganan berkas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya