Jejak Kepemimpinan Puan Maharani Dinilai Punya Potensi di Pilpres 2024

Ketua DPR Puan Maharani saat turut mengunjungi petani jagung di Sorong, Papua.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA – Diantara sejumlah nama yang digadang-gadang bakal berpotensi maju di Pilpres 2024, adalah Puan Maharani. Ketua DPR 2019-2024 dan juga Ketua DPP PDI Perjuangan.

PDIP Isyaratkan Megawati Bertemu Prabowo Tunggu Hari Baik

Rekam jejak kepemimpinan Puan, dinilai cukup potensial bagi cucu Bung Karno itu, untuk naik menjadi pemimpin nasional pada suksesi Pemilu 2024. 

Alexander Aur, akademisi yang juga pegiat kesetaraan gender menilai, Puan punya rekam jejak yang cukup banyak. Sehingga cukup potensial pada suksesi kepemimpinan nasional pada 2024.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

“Kalau bicara rekam jejak kepemimpinan tentu Ibu Puan sangat potensial untuk menjadi pemimpin nasional. Pengalaman saat menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Menko PMK dan saat ini sebagai Ketua DPR RI sudah menjadi modal besar kepemimpinan ke depan. Lagi pula pengalaman memimpin lembaga negara itu seperti jalan lurus untuk memimpin negara,” kata Alexander Aur dalam diskusi bertajuk ‘Puan Maharani: Quo Vadis Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Disabilitas,” di Jakarta, Selasa 7 Desember 2021. 
.
Lebih lanjut dijelaskannya, tidak hanya menduduki jabatan di pemerintahan. Tetapi menurut dia, termasuk dalam banyak program seperti saat menjadi Menko PMK, terbilang cukup berhasil. Sebut saja penurunan angka kemiskinan, Kartu Pra Kerja, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, hingga Bidik Misi.

“Jangan lupa saat itu Ibu Puan menkoordinir delapan kementerian yang terkait langsung dengan pemberdayaan kesejahteraan masyarakat. Maka ketika program delapan kementerian ini berhasil baik, itu juga merupakan keberhasilan beliau dalam memimpin. Dan kualitas kepemimpinan itu adalah kemampuan melakukan konsolodasi yang hasilnya jelas ketika program-program tersebut berhasi,” jelas Alex, sapaan akrabnya.

Ketua KPU Bilang Saksi Amin Tak Berkualitas, PKB Beri Sindiran Menohok!

Peluang Dari Pimpinan DPR

Saat ini, putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu memimpin DPR. Menurut Alex, tidak mudah juga memimpin lembaga politik itu. Karena banyak fraksi dari berbagai partai politik yang harus dikonsolidasikan dan dikoordinasikan. 

“Kalau dulu kita lihat DPR RI itu sering gaduh, maka di bawah kepemimpinan Puan DPR RI terlihat stabil. Ini bukan tidak mungkin karena kemampuan beliau dalam memimpin yang sekian matang,” katanya.

Dosen Filsafat Universitas Pelita Harapan itu menambahkan tentu dengan jabatan yang diemban saat ini, punya peluang besar menunjukkan kualitas kepemimpinannya. Termasuk responnya ketika berhadapan dengan isu-isu yang bersinggungan langsung dengan kepentingan publik.

“Hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat disampaikan seara lugas sebagai bentuk keberpihakan beliau seperti peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih merata, penguatan sistem penanggulangan bencana, penyempurnaan sistem jaminan sosial dan kebutuhan konkret masyarakat lainnya. Artinya beliau sebagai politisi sudah punya keberpihakan jelas yang menjadi modal untuk memimpin negara ini ke depannya,” paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya