Waketum PKB: Reshuffle Saat Rabu 22 Desember, Mungkin Saja

Wakil Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid
Sumber :
  • VIVAnews/Lilis Khalisatusurur

VIVA – Isu reshuffle jelang pergantian tahun masih jadi sorotan. Meski masih spekulasi, isu reshuffle terus disuarakan elite partai politik terutama dari barisan pendukung pemerintah.

AHY jadi Menteri ATR/BPN, Mardani PKS: Welcome to The Jungle

Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyebut sampai dengan saat ini belum ada kabar mengenai kemungkinan reshuffle kabinet. Menurut dia, bisa saja mengenai reshuffle kabinet tersebut dilakukan dalam waktu dekat. 

Jazilul mengatakan, ada beberapa alasan yang menjadi dasar Presiden untuk melakukan reshuffle. Pertama, karena pertimbangan kinerja. Kedua, yakni dinamika perkembangan di koalisi pendukung pemerintah.

Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN di Istana, Moeldoko ke Mana Tak Nongol?

Menurut Jazilul, kondisi di koalisi sendiri saat ini sudah ada perubahan dengan masuknya PAN yang menyatakan mendukung pemerintahan Jokowi. Dengan begitu, ia menyebut bisa saja akan segera dilakukan reshuffle.

"Ini sampai hari ini tertutup ya. Belum ada bisik-bisik dari Istana," ujar Jazilul di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 8 Desember 2021.

Usai Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN, Jokowi Isyaratkan Reshuffle Lagi

Bagi dia, jika kondisi tersebut kemungkinan bisa ada kejutan. Tapi, ia mengaku tidak tahu dan lebih baik menunggu prediksi kejutan tersebut.

"Tapi, saya melihatnya kalau begini biasanya ada kejutan, tunggu saja kejutannya. Karena belum ada nih, belum ada," lanjut Wakil Ketua MPR tersebut.

Terkait isu reshuffle akan dilakukan pada 22 Desember, ia bilang hal itu bukanlah suatu yang tidak mungkin. Sebab, dalam politik, tidak ada yang tidak mungkin.

"Memang kalau biasanya hari Rabu, berarti tinggal satu hari. Rabu lagi di tanggal 22 Desember, apakah mungkin? Mungkin saja, tidak ada yang tidak mungkin. Tapi, yang tahu hanya Pak Jokowi," kata Jazilul.

Dia memprediksi adanya kabar tersebut akan diumumkan pada akhir tahun atau awal tahun. Tapi, yang jelas, kata Jazilul, terkait reshuffle ini akan mengejutkan.

"Dugaan saya di akhir tahun atau di awal tahun. Sama sama mengejutkan nantinya," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya