Viral Bule Ingin Jadi Relawan FPI di Semeru, Begini Faktanya

Viral wisatawan asing disebut ingin gabung jadi relawan FPI.
Sumber :
  • Twitter @Helmi_Felis

VIVA – Viral seorang pria disebut sebagai wisatawan asing mau bergabung jadi relawan bersama Front Persaudaraan Islam (FPI) untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Wisatawan 'bule' itu jadi heboh karena memakai kaos putih bertulis Relawan FPI.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Terkait itu, Ketua bidang advokat DPP FPI, Aziz Yanuar meluruskan kabar tersebut. Dia menegaskan pria yang dimaksud adalah Alwi Baagil Bahragba.

"Dia orang kita, Indonesia. Bukan bule ah. Dia juga dah lama jadi bagian FPI di Jawa Timur, Gresik. Orang FPI emang ganteng-ganteng," kata Aziz kepada VIVA, Jumat malam, 10 Desember 2021.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Dia menjelaskan pria yang biasanya disapa Habib Alwi itu sudah lama aktif sejak masih bernama Front Pembela Islam (FPI). Alwi disebutnya pernah jadi bagian dari organisasi sayap FPI seperti Laskar Pembela Islam (LPI) hingga Hilal Merah Indonesia atau HILMI. 

"Sekarang di Persaudaraan Relawan Indonesia. Ujung tombak FPI dalam bencana," jelas Aziz.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Menurut dia, Alwi bersama tim relawan FPI lainnya sudah beberapa hari di area terdampak erupsi Semeru. Mereka di lokasi untuk membantu masyarakat pengungsi korban erupsi.

Kata dia, selain Jawa Timur, relawan FPI dari daerah lain sudah berdatangan ke Lumajang.

Soal Alwi yang hanya memakai kaos putih bertulis manual FPI, ia mengatakan memang disengaja. "Supaya tidak jadi masalah oleh pihak lain yang alergi sama Front Pembela Islam," tutur Aziz.

Anggota FPI, Habib Alwi Baagil Baragba

Photo :
  • Twitter @BalvyHaddad

Dalam video di akun Twitter @BalvyHaddad, Alwi mengatakan bersama relawan lainnya sudah tiba di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur sejak Selasa malam, 7 Desember 2021. Dia mengatakan di gudang posko FPI sudah ada bantuan untuk korban erupsi berupa mie instan, beras, selimut, hingga pampers.

Menurutnya, bantuan bahan pangan dan lainnya itu berasal dari para donatur. Ia bilang bantuan itu akan terus didistribusikan di bawah koordinasi pengurus FPI Jawa Timur. 

Sebelumnya, foto Alwi viral di media sosial karena sebagian netizen menduganya sebagai wisatawan asing lantaran wajahnya mirip warga keturunan. Salah satu akun yang mengunggah adalah Twitter @Helmi_Felis

Dengan foto berpose memakai kaos putih bertulis FPI, Alwi disebut wisatawan asing yang ingin gabung menjadi relawan bersama FPI.

"Tdk punya Kaos FPI, Wisatawan asing menulis pakai spidol di kaos polos brtulisan FPI dan ingin gabung menjadi relawan bersama FPI di Gn-Semeru," tulis caption foto yang diunggah @Helmi_Felis.

Unggahan tersebut direspons netizen. Sebagian netizen menanggapi dengan serius. Namun, ada juga dengan guyonan.

Ada juga netizen yang meralat dengan menyampaikan informasi yang benar bahwa Alwi bukan wisatawan bule.

"Bikin iri ni wisatawan," tulis salah seorang netizen.

"Jelas bule ini ga lg pencitraan....tp naluri kemanusiaan "memanggilnya," kata netizen lainnya.

"MasyaaAllah semoga abng bule dan fpi di berkah dlm rahmat Allah Subhanawata'ala.."


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya