Pernah Beda Kubu PPP, Arsul Sebut Haji Lulung Tak Putus Silaturahmi

Politisi PPP dan Anggota Komisi III DPR, Arsul Sani.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyampaikan duka kehilangan atas berpulangnya Abraham Lunggana alias Haji Lulung. Baginya, Haji Lulung adalah sosok yang baik dan memiliki pandangan politik yang kuat.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

"Beliau (Haji Lulung) ini kita kenal sebagai sosok yang tentu banyak dimensinya. Pertama, tentu kita lihat sifat istiqomah beliau, dalam arti bahwa setiap yang almarhum yakini sebagai pandangan politiknya itu akan dipertahankan dalam argumentasi. Tapi dilakukan semua dengan cara yang baik," kata Asrul, Selasa 14 Desember 2021.

Di mata Asrul, Haji Lulung juga adalah sosok yang selalu mempertahankan silaturahmi dengan rekan-rekannya. Hal tersebut terlihat saat Lulung berbeda kubu dengan PPP, namun silaturahmi tetap dijaga dengan baik.

Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

"Bahkan ketika kami berbeda kubu di PPP, silaturahmi itu tidak pernah putus kalau dengan Bang Haji Lulung. Itu terus berjalan," lanjutnya.

Meski Haji Lulung merupakan sosok yang kontroversial, namun ia tak pernah menghilangkan kehangatannya dalam berteman. 

Suasana Rumah Duka Mooryati Soedibyo, Dipenuhi Pelayat dan Karangan Bunga

"Meskipun kadang sepertinya agak tegang-tegangan bahkan mau bertengkar, tapi kalau dengan Haji Lulung itu sesungguhnya kalau hati enggak seperti itu. Kita itu tetap bisa bertautan meskipun ada dalam pandangan yang berbeda," ungkap Asrul Sani.

Asrul menyebutkan jika Haji Lulung meninggal karena mengalami masalah di jantung. Sebelum dirawat di RS Harapan Kita, ia sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto dan RS Budi Waluyo.

"Jadi beliau memang punya problem jantung, kemudian juga dioperasi. Operasinya sebetulnya kecil tapi putranya menyampaikan ke saya dua minggu yang lalu. Tapi ternyata ya Allah memanggilnya cepat. Meskipun itu kita maknai sebagai kebaikan atas dipanggil pulang Allah SWT ini," sebutnya.

Ia menambahkan, bahwa Haji Lulung akan dimakamkam di TPU Karet Bivak. Pemakamannya akan dilakukan Selasa sore ini.

"Insya Allah beliau akan dimakamkan sore ini, kalau tidak salah di Pemakaman Umum Karet Bivak," tambah Asrul.

Asrul pun tak lupa berdoa untuk mengiringi kepulangan Haji Lulung. Mewakili seluruh jajaran PPP dan Haji Lulung, Asrul memohon maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat Haji Lulung.

"Tentu kami mohon doa untuk kelapangan alam kubur beliau dan juga agar Haji Lulung benar-benar khusnul khotimah. Juga mohon maaf atas semua kesalahan atau kekhilafan beliau yang mungkin pernah diperbuat," imbuh dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya