Survei Capres: Elektabilitas Prabowo Teratas, Ungguli Anies & Ganjar

Menhan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto
Sumber :
  • Tim Media Prabowo

VIVA – Indonesian Public Review (IPR) merilis survei terkait elektabilitas kandidat calon presiden yang digadang-gadang akan maju di Pilpres 2024. Temuan survei IPR, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ada di urutan teratas.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Direktur eksekutif IPR, Putro Mas Gunawan menyampaikan Prabowo masih menempati posisi tertinggi.

"Dalam pertanyaan tentang elektabilitas, posisi pertama masih kokoh ditempati oleh Prabowo dengan perolehan keterpilihan publik sebesar 23,6 persen," kata Putro dalam rilis survei di Jakarta, Selasa, 14 Desember 2021.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Dia menjelaskan, di bawah Prabowo ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan di urutan kedua dengan 13,7 persen. Lalu, posisi tiga ada Ganjar Pranowo dengan 13,4 persen," ujarnya.

Pun, untuk elektabilitas keempat dan kelima diduduki Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (10,1 persen) serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

"Persaingan semakin menarik dengan mendekatnya Ridwan Kamil (10,1 persen) dan Sandi (9,2 persen),"  jelas Putro.

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei

Photo :
  • ist

Menurut dia, dengan hasil survei itu, kemungkinan posisi Prabowo sulit sekali dikejar Anies dan Ganjar.

"Bila tren ini bertahan, bukan tidak mungkin mengancam dan menggeser posisi Ganjar dan Anies," sebutnya.

Selanjutnya, elektabilitas kandidat capres lain versi survei seperti Ketua DPR Puan Maharani meraih 3,9 persen. Kemudian Disusul Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan 3,4 persen. 

Berikutnya ada Menteri Sosial Tri Rismaharini (2,9 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (1 persen) dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (1 persen).

Survei IPR ini dilakukan dalam kurun waktu 25 November hingga 5 Desember 2021 dengan 1.230 melibatkan responden di 34 provinsi. Margin of error dalam survei ini ±2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Untuk pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung melalui bantuan kuesioner. Teknik survei menggunakan sampel multistage random sampling. Dalam survei, responden berusia minimal 17 tahun ke atas dan atau yang sudah pernah menikah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya