Klarifikasi Harta Cagub, KPU Sumbar ke KPK

Pemilih memasukkan surat suara ke kotak suara dalam simulasi Pemilu
Sumber :
  • Antara/ Jessica Wuysang

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat sambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan ini untuk mengklarifikasi harta kekayaan bakal calon gubernur.

Menurut anggota KPU Sumbar Desy Asmaret, pihaknya mengirimkan sejumlah tim untuk mengklarifikasi factual berkas bakal calon gubernur. “Setidaknya ada lima tim yang kita kirim untuk memverifikasi berkas para bakal calon gubernur termasuk ke KPK,” kata Desy Asmaret pada VIVAnews, Senin 12 April 2010.

Tim yang menyambangi KPK diketuai anggota KPU bidang teknik Muftie Syarfie untuk mengklarfikasi laporan kekayaan para bakal calon. Sedangkan tim lain juga akan mendatangi Dirjen Pendidikan Tinggi mengecek kebenaran gelar akademis para calon.

Tim ini akan bekerja hingga Kamis, 15 April mendatang. “Lima tim ini akan disebar ke empat kota yakni Medan, Malang, Jakarta, Bandung,” kata Desy.  Saat ini, kelima bakal calon yang telah mendaftar ke KPU Sumbar sedang menjalani tes kesehatan di M Djamil Padang.

KPU menjadwalkan, verifikasi faktual akan berlangsung hingga 16 April 2010. Sedangkan masa perbaikan berkas yang dinyatakan kurang akan dilakukan mulai tanggal 17 April hingga 24 April 2010. Penetapan calon gubernur dan nomor urut ditargetkan pada tanggal 27 April 2010.

Sejauh ini, tercatat lima pasang bakal calon gubernur yang telah mendaftar ke KPU Sumbar. Kelima pasang tersebut yakni: Marlis Rahman-Aristo Munandar (Golkar); Fauzi Bahar-Yohannes Dahlan (PAN,PPP); Endang Irzal-Asrul Syukur (Demokrat-Gerindra); Edi Warman-Husni Hadi (Koalisi 24 Parpol); Irwan Prayitno-Muslim Kasim (PKS, PBR, Hanura).


laporan: Eri Naldi | Padang

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB
Talkshow yang digelar Kemenkominfo

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet” pada tanggal 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024