Bantu Korban Erupsi Semeru, PKS Kembali Potong Gaji Aleg di DPR

Ketua Fraksi PKS di DPR, Jazuli Juwaini
Sumber :
  • Fraksi PKS

VIVA – Bencana erupsi Gunung Semeru jadi keprihatinan berbagai elemen masyarakat termasuk elite partai politik. Salah satunya Fraksi Partai Keadilan Sejahtara (F-PKS) di DPR yang kembali memotong gaji anggotanya.

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini menjelaskan, bantuan tersebut secara simbolis sudah diserahkan melalui DPW PKS Jawa Timur. Penyerahan ini dilakukan saat acara konsolidasi anggota legislatif atau aleg PKS Jawa Timur di Kota Malang, Senin, 20 Desember 2021.

"Penyerahan bantuan ini wujud nyata kepedulian dan pelayanan PKS kepada rakyat terutama untuk saudara-saudara kita di sekitar Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur," kata Jazuli, dalam keterangannya, Selasa, 21 Desember 2021.

Potret Anak-anak Korban Banjir Bandang Humbahas Ikut Ujian Semester di Tenda Darurat

Jazuli menyampaikan Fraksi PKS sudah 8 kali melakukan kebijakan pemotongan gaji pejabat publiknya selama 2021.  Menurut dia, pemotongan gaji diberikan kepada masyarakat di daerah yang terdampak bencana. Salah satunya masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru sejak 4 Desember 2021.

"Ini bentuk empati dan tanggung jawab publik PKS untuk mengokohkan solidaritas sosial nasional kita. Sengaja kami serahkan kepada DPW PKS Jawa Timur yang memimpin para relawan sehingga paling memahami kebutuhan korban erupsi," jelas Jazuli.

Jalur Sentolo-Wates Sudah Bisa Dilalui, KAI Pastikan Bayar Semua Kompensasi ke Penumpang

Fraksi PKS serahkan bantuan dari hasil potong gaji anggota di DPR.

Photo :
  • Dok. PKS

Sementara, Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan mengatakan PKS juga sudah mendirikan posko sejak hari pertama erupsi Semeru. Dia bilang posko itu berada di dua lokasi yakni Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro. 

Menurut DIA, posko tersebut untuk sementara waktu didirikan selama 30 hari pasca erupsi.

"Di posko ini terdapat beberapa relawan. Tak hanya dari Kota Kabupaten di Jatim, tapi juga ada relawan dari provinsi lain yang datang ke posko kami," tutur Irwan.

Dia menjelaskan, relawan PKS juga sudah bergerak melakukan evakuasi jenazah korban yang tertimbun lumpur. Selain itu, bantuan logistik makanan hingga penyediaan air bersih juga jadi perhatian PKS.

Irwan menyampaikan apresiasi terhadap aleg Fraksi PKS di DPR yang sudah urunan membantu dengan cara memotong gaji.

"Bantuan ini sangat bermanfaat dan langsung disalurkan melalui Posko PKS untuk pengadaan makanan, air bersih, perlengkapan pengungsi seperti pakaian layak pakai, perlengkapan bayi, obat-obatan hingga layanan kesehatan gratis baik di rumah-rumah yang masih dihuni maupun tempat pengungsian," jelas Irwan.

Merujuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga per Senin malam, 20 Desember 2021, tercatat ada 10.400 warga mengungsi imbas erupsi Semeru. Para pengungsi itu tersebar di 406 titik.

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyampaikan, salah satu titik pengungsian terpusat di Kecamatan Candipuro sebanyak 21 titik dengan jumlah 4.645 pengungsi. Untuk korban jiwa dilaporkan sudah 50 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya