Alasan La Nyalla Dukung Habib Rizieq Jadi Man of The Year 2021

Ketua DPD La Nyalla Mataliti dengan tokoh Tionghoa, Lieus Sungkharisma.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti jadi salah seorang tokoh yang menandatangani plakat dukungan Man of The Year 2021 terhadap Muhammad Rizieq Shihab. Dukungan plakat itu digagas Masyarakat Peduli NKRI.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Selain La Nyalla, empat tokoh lain juga menandatangani dukungan terhadap Habib Rizieq adalah pakar hukum tata negara Refly Harun,eks komisioner Komnas HAM Natalius Pigai, pengamat sosial politik Rocky Gerung, dan mantan Menko bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri Rizal Ramli.

Menurut La Nyalla, dengan statusnya sebagai Ketua DPD harus jadi representasi daerah dan golongan non-partisan. Dia menekankan pentingnya wajib mengayomi semua lapisan masyarakat. 

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

"DPD harus dalam posisi tidak tersekat oleh kepentingan apapun. Tetapi murni menjadi wakil daerah dan semua golongan. Senator harus berposisi sebagai negarawan. Bukan politisi," ujar La Nyalla di Jakarta yang dikutip pada Sabtu, 1 Januari 2022.

Dia menambahkan, dirinya dibesarkan organisasi yang sudah terbiasa mengayomi semua lapisan masyarakat. Dia mengatakan dalam organisasi itu diajari mesti bisa merangkul semua elemen masyarakat termasuk preman jalanan.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

"Saya dibesarkan di ormas Pemuda Pancasila. Jangankan sosok habib atau tokoh agama, preman jalanan saja kita rangkul dan ajak berorganisasi," jelasnya.

Ketua DPD La Nyalla tandatangani plakat Man of The Year 2021 Habib Rizieq.

Photo :
  • Istimewa

Sementara, Lieus Sungkharisma sebagai inisiator dukungan tersebut mengatakan penandatanganan tersebut sebagai wujud dukungan terhadap Habib Rizieq. Bagi dia, eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu adalah sosok yang konsisten memperjuangkan NKRI dan Pancasila. 

"Habib Rizieq selalu mengatakan bahwa Islam tidak bertentangan dengan Pancasila. Bahkan andil umat Islam dalam kemerdekaan negara ini sangat besar. Sehingga umat Islam harus berada di garda terdepan untuk mempertahankan NKRI," kata Lieus. 

Pun, Lieus sengaja meminta La Nyalla untuk ikut menandatangani dukungan tersebut. Alasannya karena kesamaan visi tentang kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila yang diperjuangkan Ketua DPD RI tersebut. 

"Saya mengikuti berita-berita Pak La Nyalla yang concern dengan perjuangan mengembalikan nilai-nilai Pancasila sebagai way of life bangsa ini. Dan, tentu sikap yang final terhadap NKRI. Karena itu saya meminta beliau untuk menjadi salah satu dari tokoh yang menandatangani penobatan Man of The Year 2021 Habib Rizieq," sebutnya. 

Penghargaan tersebut diketahui berbentuk plakat berukuran 1x1 meter. Plakat itu memiliki warna latar background merah putih. Lalu, bagian atasnya terdapat tanda tangan lima tokoh seperti La Nyalla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya