Habib Bahar Didatangi Jenderal TNI, Fadli Zon: Jelas Melewati Batas

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon
Sumber :
  • Dok. Fadli Zon

VIVA – Penceramah Habib Bahar bin Smith kembali jadi perhatian karena didatangi Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Achmad Fauzi. Kedatangan Brigjen Fauzi itu membuat Habib Bahar geram dan sempat terjadi cekcok.

Mengenal Sosok Jenderal Bintang 5 yang Hanya Ada 3 di Indonesia

Peristiwa aparat TNI mendatangi pondok pesantren milik Habib Bahar itu memantik perhatian dari Anggota DPR Fadli Zon. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menyindir aparat TNI mesti paham tugas pokok dan fungsi atau tupoksi. 

"Seharusnya aparat TNI bisa memahami tupoksinya. Jelas telah melewati batas," kata Fadli di akun Twitternya, @fadlizon yang dikutip pada Sabtu, 1 Januari 2022.

Sosok Jenderal Bintang 1 Kowad, Orang Kepercayaan KSAD Maruli Simanjuntak

Dalam video yang viral, Habib Bahar terlibat cekcok dengan Fauzi. Salah satunya saat Fauzi menyinggung soal rencana pemanggilan Habib Bahar oleh Polda Jawa Barat terkait kasus dugaan ujaran kebencian. 

Jenderal bintang satu itu juga bilang soal jemput paksa Habib Bahar bila tak memenuhi panggilan polisi.

Baru 115 Hari Kembali ke Kostrad, Jenderal Darah Kopassus TNI Ini Digeser ke Lemhanas

Habib Bahar menegaskan tidak akan lari dari masalah. Dia akan menghadapinya termasuk soal pemanggilan Polda Jabar. Ia pun heran tujuan dan urusan Fauzi bersama sejumlah prajurit TNI mendatanginya di pondok pesantren.

Jenderal TNI Datangi Ponpes milik Habib Bahar di Bogor.

Photo :
  • Tangkapan layar video

Cekcok juga terjadi saat Fauzi meminta Habib Bahar agar ceramah dengan bisa menjaga pernyataan. Sebab, ceramahnya dinilai merendahkan seseorang dan institusi.

Habib Bahar tak terima dan menjawab Fauzi. Selama ini, ia mengatakan sudah menjaga kalimatnya dalam ceramah.

Dia menyebut sebagai penceramah tugasnya meluruskan kekeliruan termasuk pernyataan kontroversial Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman soal ‘Tuhan kita bukan orang Arab’.  

Terkait itu, kuasa hukum Habib Bahar, Aziz Yanuar menyampaikan tidak mengetahui detail tujuan Fauzi dan sejumlah prajurit TNI mendatangi Ponpes Habib Bahar di Bogor, Jawa Barat. Dia mengatakan peristiwa cekcok itu terjadi pada Jumat siang, 31 Desember 2021.

Menurut Aziz, jika tujuannya terkait rencana pemeriksaan Habib Bahar di Polda Jabar maka menjadi lucu. Sebab, itu bukan tupoksi TNI.

"Dalam rangka apa detailnya tidak tahu. Kalau soal ini ya lucu karena bukan tupoksinya," ujar Aziz kepada VIVA, Jumat, 31 Desember 2021.

Adapun Kepala Penerangan Korem Surya Kencana Mayor Inf Ermansyah belum bersedia berkomentar lebih jauh. Ia masih berkoordinasi untuk memberikan penjelasan kepada rekan media. "Saya no comment dulu," kata Ermansyah kepada VIVA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya