Bambang Soesatyo Luncurkan Buku Soal Century

Bambang Soesatyo (kanan) luncurkan buku "Skandal Gila Bank Century"
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo meluncurkan buku karangannya yang berjudul 'Skandal Gila Bank Century'. Buku ini, kata Bambang, sebagai pengingat kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa masalah skandal kasus penggelontoran dana talangan hingga Rp 6,7 triliun kepada Bank Century yang merugikan negara itu belum juga ketahuan ujung penyelesaiannya hingga saat ini.

Judul buku ini memakai kata 'gila' sebagai cerminan fenomena aneh dalam penyelesaian kasus ini. "Gila karena sampai detik ini kita belum juga bisa mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas pelanggaran pemberian kucuran dana talangan Rp. 6,7 triliun," kata Bambang dalam sambutan peluncuran di Lobi Nusantara III Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Rabu 14 April 2010.

Gila, lanjut Bambang, karena rekomendasi DPR dalam paripurna atas angket kasus Bank Century pada Maret lalu belum juga ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum. Juga gila karena hingga saat ini belum juga ada pemanggilan pemeriksaan terhadap tokoh-tokoh kunci yang disebut sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam rekomendasi DPR. "Itulah alasan kenapa saya memakai judul itu untuk buku ini," kata Bambang.

Bambang menegaskan setidaknya ada dua hal yang belum selesai dalam kasus Bank Century. Pertama, penyelesaian hukum terhadap siapa saja pihak yang dianggap bertanggung jawab. Kedua, mengungkap dana Rp 6,7 triliun ini ke mana mengalirnya.

"Mudah-mudahan buku ini bisa menjadi pengingat kepada masyarakat luas bahwa jika kasus Bank Century ini tidak bisa selesai, maka pemerintahan selanjutnya bisa menyelesaikannya," kata Bambang.

Sebab, lanjut Bambang, tidak ada yang dapat menjamin bahwa partai pemenang pemilu sekarang akan bisa menang lagi pada Pemilu 2014 nanti. Dengan demikian ada harapan bagi masyarakat untuk bisa menyelesaikan kasus Bank Century ini nanti dengan adanya pemerintahan baru.

5 Spot Mobil yang Sering Terlewat Saat Dikeringkan, Berpotensi Jadi Sarang Kerak Air
Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor

Wamenaker Afriansyah Noor Terima Anugerah Tokoh Minang Nasional Peduli Sumber Daya Manusia

Menerima penghargaan Tokoh Minang Nasional Peduli Sumber Daya Manusia, Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), Afriansyah Noor hadir dalam Malam Anugerah 17 Tahun Pada

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024