Struktur Gemuk, PBNU Era Gus Yahya Banyak Diisi Kiai dan Tokoh Jatim

Nahdlatul Ulama. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah mengumumkan kepengurusan masa khidmat 2022-2027, Rabu, 12 Januari 2022. Kepengurusan kali ini terbilang gemuk, sekitar 200-an, lebih banyak dari era Said Aqil Siroj. 

Beredar Foto Sempat Bertemu PM Israel Netanyahu, Gus Yahya: Pertemuan Diplomatik

Namun, hal yang menarik, ada sejumlah kiai dan tokoh dari Jawa Timur yang masuk dalam jajaran PBNU. Salah satu nama termasuk Khofifah Indar Parawansa di jajaran ketua.

Mereka yang dari Jatim, di antaranya, KH Miftachul Akhyar selaku Rais Aam PBNU; Wakil Rais Aam KH Anwar Iskandar; Wakil Rais Aam KH Afifuddin Muhajir; Rais KH Abdullah Kafabihi Mahrus; Rais KH Ubaidillah Faqih; Rais KH Abd A’la Basyir; dan Katib KH Reza Ahmad Zahid.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Kemudian, di jajaran tanfidziyah, ada Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai Sekretaris Jenderal; Ketua KH Hasib Wahab Chasbullah; Ketua Khofifah Indar Parawansa; Ketua KH Abdul Hakim Mahfudz; Wakil Sekjen Amin Said Husni; Wakil Sekjen KH Abdussalam Shohib; Wakil Sekjen Ahmad Muzakki, dan Wakil Sekjen Nur Hidayat.  Dalam kepengurusan kali ini yang jadi menarik terdapatnya nama Khofifah. 

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya mengatakan untuk pertama kali sejak didirikan tahun 1926, PBNU diisi pengurus perempuan. Ada beberapa tokoh perempuan yang masuk dalam struktur baru PBNU masa bakti 2022-2027.

Gus Yahya Berkelakar soal Jabatan Menteri di Kabinet Selanjutnya: Jangan-jangan NU Semua

“Sejak awal didirikan sebenarnya tidak ada pembatasan di PBNU. Sekarang tokoh perempuan dimasukkan karena memang ada kebutuhan yang mendesak,” kata Gus Yahya dalam keterangan tertulisnya.

Gus Yahya Cholil Staquf

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Beberapa perempuan yang masuk kepengurusan PBNU di antaranya adalah di jajaran Mustasyar ada Nyai Nafisah Sahal Mahfudz; Nyai Sinta Nuriyah Abdurahman Wahid (Istri Gus Dur); dan Nyai Mahfudloh Ali Ubaid.

Selain itu, juga di jabatan A’wan di antaranya, Nyai Nafisah Ali Masum; Nyai Badriyah Fayumi; dan Nyai Ida Fatimah Zaenal. Juga di tanfidziyah ada nama Khofifah Indar Parawansa dan Alissa Qotrunnada Wahid sebagai Ketua.

Sebelumnya, Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengumumkan susunan lengkap PBNU untuk masa khidmat 2022-2027. Pengumuman itu disampaikan di kantor PBNU Jalan Kramat Raya, Jakarta, Rabu, 12 Januari 2021.

Adapun susunan pengurus itu tertuang dalam Surat Keputusan PBNU Nomor 01/a.2.04/01/2022 tentang pengesahan susunan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama masa khidmat 2022-2027.

 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya