Habiburokhman Ingin Seragam Satpam Tetap Warna Coklat, Ini Alasannya

Anggota DPR dari Gerindra, Habiburokhman
Sumber :
  • Ridho Permana

VIVA – Anggota Komisi III DPR, Habiburokhman meminta agar Polri dapat mempertahankan seragam Satpam berwarna cokelat, yang menyerupai seragam Polisi. 

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Politikus Partai Gerindra itu menyebut, seragam Satpam saat ini memberikan efek psikologis bagi orang yang ingin berbuat kejahatan. 

"Jangankan manusia kita pakaikan baju mirip polisi, patung saja kita bikin mirip polisi. Saya dalam raker minggu depan dengan Kapolri akan minta seragam (Satpam) saat ini dipertahankan," ujarnya di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 13 Januari 2022.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Tampilan baru seragam Satpam yang tak lagi mirip seragam Polri

Photo :
  • ANTARA

Menurut Habiburokhman, kebiasaan warga di Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat baru mau mematuhi hukum jika melihat ada aparat penegak hukum.

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Dia juga mendapat laporan warga di komplek-komplek perumahan saat ini merasa lebih aman setelah satpamnya mengenakan seragam seperti polisi.

Karena itu, Habiburokhman menilai wajar apabila satpam diberikan seragam yang warnanya serupa dengan seragam polisi, begitu pula dengan patung-patung polisi yang banyak ditemui di tepi jalan.

"Saya juga tak mendapatkan informasi adanya abuse of power seragam satpam itu. Enggak ada satpam meras-meras, satpam nilang-nilang, itu kan enggak ada. Jadi sudah bagus ini, justru harus dipertahankan bahkan dibikin lebih mirip lagi kalau perlu," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana mengubah warna seragam harian Satuan Pengamanan (Satpam) yang sebelumnya berwarna cokelat muda menjadi warna krem.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebutkan pengubahan warna seragam Satpam tersebut untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya