Demokrat Respon Kabar Persaingan Emil Dardak dan Menantu Soekarwo

Bendera Partai Demokrat
Bendera Partai Demokrat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak dan Bayu Airlangga, dikabarkan bersaing untuk menduduki kursi Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur dalam Musyawarah Daerah (Musda) Demokrat Jatim pada 20 Januari 2022. 

Untuk diketahui, Bayu adalah menantu mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Merespons itu, DPP Demokrat menyampaikan bahwa musda bukan ajang adu kekuatan suara, tapi tarung gagasan dan ide.

Ketua Badan Pemenangan Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (BPOKK) DPP Demokrat Herman Khaeron mengatakan, Musda Demokrat di seluruh daerah harus menekankan pada ajang beradu ide dan gagasan dalam menghadapi Pemilu 2024. Karena itu adu kuat calon ketua untuk meraih suara sebanyak-banyaknya, tidak perlu ditonjolkan.

Apalagi, kata dia, calon dan dukungan pemilik suara harus tetap memenuhi syarat yang diatur dalam peraturan organisasi. 

“Selebihnya dapat meyakinkan DPP bahwa ketua DPD mampu memperbanyak pemilih Demokrat di wilayahnya, sehingga menang dalam pemilu dan pilkada serentak 2024,” ujar Herman kepada wartawan pada Rabu, 19 Januari 2022.

Herman berharap musda dapat berjalan secara demokratis, tertib, aman, dan lancar. “Musda adalah amanat AD/ART tahun 2020, dengan prinsip dasar pelaksanaan yang harus dipedomani seluruh kader adalah sebagai ajang konsolidasi, harmonisasi, dan rekonsiliasi,” ujarnya.

Emil Dardak dan Bayu Airlangga yang bersaing untuk posisi ketua Partai Demokrat Jawa Timur.

Emil Dardak dan Bayu Airlangga yang bersaing untuk posisi ketua Partai Demokrat Jawa Timur.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal