Ridwan Kamil Sebut Desain IKN Nusantara Selera Jokowi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil meminta pengesahan Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN) baru tidak menimbulkan polemik. Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, desain IKN merupakan pilihan Presiden.

"Desain ibu kota itu subjektif ya sehingga hari ini presidennya suka dengan desain yang sudah ada. Kita apresiasi karena itu peristiwa bersejarah," kata Ridwan Kamil dalam pernyataan resminya, Rabu, 19 Januari 2022.

Kang Emil yang juga salah satu juri sayembara desain IKN mengatakan, urusan pemilihan IKN sepenuhnya atas persetujuan Presiden Joko Widodo, begitu pula dengan urusan pemilihan desainnya. 

Menurutnya, ibu kota selalu dibangun berdasarkan sudut pandang dan keinginan seorang presiden. Hal ini terjadi sejak Soekarno menjabat sebagai Presiden Pertama Republik Indonesia.

"Jadi Jakarta hari ini, seleranya Bung Karno. Enggak perlu dipertanyakan kenapa Istiqlal bentuknya begitu, Monas begitu, karena itu selera pemimpin pada zamannya," ujarnya.

Atas dasar itu, mantan Wali Kota Bandung ini berharap rencana perpindahan ibu kota dan keputusan yang sudah ditetapkan dalam UU IKN, harus diterima semua pihak dengan baik.

Lebih jauh, Emil menambahkan setelah UU IKN disahkan, maka prioritas selanjutnya adalah membahas nasib DKI Jakarta ke depan.